Target Vaksinasi 71 Persen, Forkopimda Donggala Gelar Gebyar Berhadiah


Info Donggala - Sebagai upaya memenuhi target cakupan vaksinasi di wilayah Kabupaten Donggala, jajaran pemerintah Kabupaten, bersama Kodim 1306, Polres Donggala dan Perbankan menggelar kegiatan Gebyar Vaksinasi Covid-19 berhadiah, 

Kemudian dirangkaikan dengan penyerahan piagam penghargaan Satgas Covid-19 Kabupaten Donggala 2021 pada Jum'at (31/12/2021).

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada pukul 11:45 Wita, di lapangan sepak bola Desa Wani 1 Kecamatan Tanantovea Kabupaten Donggala yang antusias diikuti sebanyak 450 orang.

Sekretaris Daerah (Sekdakab) Kabupaten Donggala, Dr, Rustam Efendi, S. Pd., SH., M.Ap, selaku Sekretaris tim Gugus Covid-19 menyampaikan, kegiatan vaksinasi tersebut adalah sebagai salah satu bentuk hak dan kewajiban pemerintah, untuk melakukan vaksinasi dalam rangka memproteksi masyarakat.

"Tujuaanya agar tidak terinfeksi dengan virus Covid-19, khususnya varian baru Omicron yang dinilai penyebarannya lebih cepat", ujar Sekda.

Ditambahkannya, bahwa Pemkab Donggala di back up oleh Polres Donggala dan Kodim 1306/Kota Palu, membantu tenaga kesehatan yang dimediasi oleh Dinas Kesehatan, bisa mencapai hasil yang sangat luar biasa telah mencapai 71,7 persen dimana pada tanggal 28 Desember baru mencapai 70,7 persen.

Olehnya Kita diberikan waktu oleh Pemerintah mengintervensi di tahun 2022 dengan waktu paling lama 3 bulan dan paling cepat 1 bulan untuk mencapai target 100%.

Sementara itu, Bupati Donggala Dr., Drs. Kasman Lassa, SH., MH, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada TNI - Polri dan Nakes, serta seluruh lapisan masyarakat yang telah berpartisipasi dalam penanganan vaksinasi Sehingga terlaksananya dengan baik dan lancar. 

Selain itu, dirinya juga menyampaikan ucapan  terima kasih kepada pihak bank yang telah memberikan bantuan, berupa door prize bagi masyarakat yang mengikuti vaksinasi.

Lebih jauh dijelaskannya, untuk pelaksanaan vaksin Kabupaten diberikan target sebesar 75 persen dan Provinsi 70 persen, untuk saat ini pelaksanaan vaksin Kabupaten Donggala telah mencapai 71,7 persen dan masih ada waktu dua hari lagi tanggal 30 dan tanggal 31 besok.

Ditambahkanya, apabila terdapat permasalahan terkait pelaksanaan vaksin, dimana masyarakat belum mempunyai KTP maka segera dikoordinasikan dengan kecamatan agar target 100 persen pada bulan Januari 2022 dapat tercapai, karena hal tersebut adalah program nasional.


"Saya yakin 25 persen ke depan itu bisa kita capai dan satu hal yang penting dan sangat strategis, bahwa kita didukung sepenuhnya oleh TNI-Polri dan unsur-unsur yang lainnya " sebut Bupati.

Olehnya Kepada camat yang persentase penerimaan vaksinasi tertinggi dan yang kondisi wilayahnya cukup rawan, akan diupayakan akan diberikan kendaraan operasional sekaligus menjadi hadiah atas kerja kerasnya dalam melaksanakan tugas selama ini.

Dilanjutkan dengan pembacaan surat keputusan Bupati Donggala tentang kategori penerima penghargaan vaksinasi Covid-19 kecamatan dan Puskesmas peringkat tertinggi per tanggal 21 Desember 2021, Kategori penerima penghargaan vaksinasi Covid -19 capaian terbanyak peringkat tertinggi pertanggal 29 Desember 2021.

Penyematan anugerah penghargaan percepatan penanganan Covid-19,
serta penyerahan piagam penghargaan satgas Covid-19 Kabupaten Donggala yang ditutup dengan Pengundian door prize. Pim Kab Dggla/Abu Bakar

0 Komentar