Notification

×

Iklan

Iklan-ADS

Iklan

Iklan-ADS

Peringati HANI, Berikut Pesan BNN Morowali

Senin, 27 Juni 2022 | Juni 27, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-06-27T07:38:13Z




infoselebes.com, Morowali - Bupati Morowali Drs. Taslim mengikuti Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional secara Hybrid, di Aula Kantor BNN, Senin (27/06/22).

Peringatan HANI yang dilaksanakan secara langsung di Provinsi Bali, mengangkat Tema “ Addressing Drug Challenges In Health and Humanitarian Crises ( Mengatasi Tantangan Permasalahan Narkotika dalam Krisis Kesehatan dan Kemanusiaan).

Turut mendampingi Bupati, Kasdim 1311/Morowali Mayor Inf.David Lunta, Kepala BNN Kabupaten Morowali Mulyadi S.H, Perwakilan Kejaksaan Negeri Kabupaten Morowali, Perwakilan Kementerian Agama Kab. Morowali dan Perwakilan Dewan Adat Kab. Morowali.

Dalam sambutannya, Kepala Badan Narkotika Nasional Dr.Petrus R. Golose mengatakan bahwa BNN RI sebagai leading sector penanggulangan permasalahan narkotika dengan pendekatan strategi yang komprehensif meliputi strategi soft power approach, hard power approach, smart power approach and cooperation.

"Pelaksanaan strategi ini dilakukan melalui berbagai program kegiatan antara lain program desa bersinar (Bersih Narkoba) pada 558 Desa/Kelurahan, Sekolah Bersinar pada 1.740 Sekolah, Kampus Bersinar pada 352 Perguruan Tinggi dan Lapas Bersinar pada 175 Lembaga Pemasyarakatan," ungkapnya.

Sementara jumlah kabupaten/kota tanggap ancaman narkoba sebanyak 101 kabupaten/kota terdiri dari 4 wilayah kategori sangat tanggap dan 97 wilayah berkategori tanggap. Selanjutnya, dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat dilaksanakan program alternative development pada kawasan rawan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dengan alih keterampilan dan alih fungsi lahan yang telah dilaksanakan pada 60 kawasan. 

Pada sektor kerjasama, telah terjalin kerjasama melalui 161 nota kesepahaman dan perjanjian kerjasama dengan berbagai pemangku kepentingan baik instansi pemerintah maupun komponen masyarakat. kemudian kerjasama regional dan internasional telah terjalin dengan 24 negara/lembaga/dan mitra luar negeri dalam rangka penanggulangan permasalahan narkotika.

"Dalam mendukung upaya optimalisasi capaian strategi di atas dilaksanakan pengembangan kompetensi sumber daya manusia pada tingkat kerjasama internasional yang bekerjasama dengan Australian Federal Police (AFP), Australian Border Force (ABF), United States Drugs Enforcement Administration (US DEA), ILEA Narcotics Investigations Course Thailand, Academic Course Directorate Of Anti Narcotics of Colombia National Police, Disclosure and Investigation Of Crimes In The Field On Drug Trafficking Russia," jelasnya.

Peringatan HANI Tahun 2022 yang dilaksanakan di Bali merupakan Turning Point dalam upaya bersama Penanggulangan permasalahan narkotika oleh negara-negara di dunia.

"Kami menyampaikan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah bekerja sama, saling koordinasi, berkolaborasi dan terus bersinergi dengan BNN RI dalam upaya yang berkesinambungan guna menuju Indonesia bersinar ( Indonesia Bersih Upacara)," tutur Kepala BNN RI.

Sementara itu, Kepala BNN Kabupaten Morowali Mulyadi S.H, menyampaikan bahwa BNN Kabupaten Morowali selalu bersinergi bersama seluruh elemen baik pihak pemerintah daerah, pihak swasta maupun masyarakat dalam melakukan upaya-upaya pemberantasan dan pencegahan penyalahgunaan narkotika. 

Dirinya berharap adanya peringatan HANI dapat memberikan kesadaran dan edukasi bagi seluruh masyarakat kabupaten Morowali untuk menghindari penyalahgunaan narkotika.

"Kami (red-BNN) juga mengimplementasikan pendekatan strategi yaitu soft power approach, hard power approach, smart power approach and cooperation. Di Tahun 2022, dalam bentuk pemberantasan terdapat 5 kasus. 4 kasus diantaranya sudah kami tuntaskan dan 1 kasus masih dalam proses penyelesaian. Terkait Pencegahan kami (red-BNN) telah melakukan berbagai upaya diantaranya sosialisasi dalam bentuk edukasi yang dikhususkan kepada para remaja, melakukan pemberdayaan kepada masyarakat dan melibatkan stakeholder baik pemerintahan, pihak swasta, masyarakat dan peran media di Kabupaten  Morowali," katanya.

Peringatan HANI, turut dihadiri Presiden RI Joko Widodo, Wakil Presiden RI, Para Duta Besar dan Perwakilan Negara Sahabat, Para Pimpinan Lembaga Negara, Para Menteri Kabinet Indonesia Maju, Jaksa Agung RI, Panglima Tentara Nasional Indonesia, Kepala Kepolisian Negara RI, Para Pejabat Pemerintah Pusat dan Daerah, Para Undangan Serta Hadirin lainnya.
gub revisi-BRI HUT-SULTENG PENDIDIKAN-PROVINSI tmj
Gubernur adikarya-tbk KETUA-DPRD-MOROWALI kabid-perkebunan Ucapan-Idulfitri-2 BINA-MARGA REVISI-KONI dinas-pemukiman-sigi bppeda Revisi-BRI-Palu AMPANA-MOTOR revisi-pt-adhi DESAIN-TMJ kel-besar11 Kabid-SMK SMAN1-BUNTA SMAN-1-BAHODOPI SMKN-BAHODOPI
Siap-Cetak
close
Banner iklan disini