-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

iklan-popup

Iklan

Iklan-ADS

Tag Terpopuler

Kepala BPSDM: ASN Harus Menjadi Motivator, Penggerak Cepat dan Konseptor

Senin, 15 Agustus 2022 | Agustus 15, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-08-15T10:58:18Z




infoselebes.com , Palu - Gubernur Saulawesi Tengah diwakili Kepala BPSDM Provinsi Sulawesi Tengah Dr. Drs. Adidjoyo Dauda, M.Si menutup secara resmi Pelatihan Dasar CPNS Provinsi Sulawesi Tengah Angkatan XXXI, CIV, dan CV Tahun 2022 di Aula Sinergitas BPSDM  Sulteng, Senin (15/08/2022).

Dalam sambutannya, Kepala BPSDM Prov. Sulteng menyampaikan bahwa pelatihan dasar adalah wahana pembentukan sikap CPNS agar mampu merespon kondisi lingkungan eksternal yang penuh dangan berbagai dinamika perubahan melalui penerapan nilai-nilai dasar profesi ASN yang telah mengalami perubahan kirikulum dengan penyesuaian core value ASN Berakhlak sesuai dengan Surat Edaran Menpan RB Nomor 20 Tahun 2021 Tentang Implementasi Core Value dan Employed Branding ASN melalui mata pelatihan yang telah diberikan kepada pesertapelatihan dasar CPNS Provinsi Sulawesi Tengah

Pelaksanaan Pelatihan Dasar CPNS Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2022 dilaksanakan secara bleanced learning yaitu perpaduan antara distance learning atau pembelajaran yang diawali dengan pembelajaran secara mandiri atau massive open online course (MOOC) selama 16 hari kerja dilanjutkan dengan daring yang dilaksanakan selama 22 hari serta pembelajaran non klasikal atau aktualisasi selama 30 hari kerja dan yang terakhir adalah pembelajaran klasikal selama 6 hari.

Sesuai dengan Perkalan Nomor 10 Tahun 2021 bahwa standar kelulusan yang ditetapkan bagi peserta latsar cukup tinggi yaitu 70,01 yang dinilai dari 5 aspek penilaian yaitu Aspek Evaluasi Akakdemik 20%, Aspek Rancangan Aktualisasi 30%, Aspek Penguatan Kompetensi Tekhnis Bidang Tugas 15% dan Aspek Evaluasi Aktualisasi 30% yang dimana standar tinggi tersebut bukan skeedar formalitas dan BPSDM Provinsi Sulteng selaku penyelenggara latsar CPNS berkomitmen terhadap standar penilaian tersebut sehingga setiap aspek komponen yang dinilai diharapkan akan menciptakan ASN yang kompeten dan sesuai dengan standar kebutuhan pemerintah daerah.

BPSDM Provinsi Sulawesi Tengah saat ini telah menyelesaikan Pelatihan Dasar CPNS Golongan II dan Golongan III yang terdiri dari 3 angkatan yaitu angkatan 31, 104 dan 105 dalam rentang waktu 28 Mei sampai 15 Agustus Tahun 2022 dari total 3 angkatan tersebut diikuti oleh 97 peserta yang terdiri dari golongan II dan III dari 16 perangkat daerah.
“Saya ucapkan selamat kepada seluruh peserta pelatihan dasar CPNS Provinsi Sulawesi Tengah dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas peran dan kerja keras penyelenggara baik dari Provinsi Sulawesi Tengah PIC dan evaluator, widyaiswara, fasilitator maupun narasumber atas kesuksesannya dalam menyelenggarakan pelatihan dasar ini," sambung Kepala BPSDM Prov. Sulteng.

Sebagai penutup beliau menyampaikan bahwa dengan berakhirnya pelatihan dasar ini bukan merupakan akhir dari aktualisasi para peserta akan tetapi aktualisasi yang sebenarnya adalah ketika para Peserta mampu menghabituasikan nila-nilai dasar profesi ASN Berakhlak serta mampu menerapkan peran dan kedudukan ASN pada lingkungan kerja yang sebenarnya.

“Rubahlah cara berpikir dan mindset kalian, berpikirlah dengan berorientasi sebagai abdi negara atau pelayan masyarakat bukan untuk dilayani masyarakat," Tutup Adidjoyo.

Turut hadir Sekretaris BPSDM Prov. Sulteng, Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas dan Fungsional Lingkup BPSDM Prov. Sulteng, Perwakilan 16 OPD asal Peserta Latsar CPNS.



Sumber: Humas DKIPS Provinsi Sulteng.