Notification

×

Iklan

Iklan-ADS

Iklan

Iklan-ADS
DPRD BANGAI KEPUlauan

Rakor TPID 2023 : Mendagri Minta Seluruh Daerah Waspadai Fenomena El Nino dan Panic Buying.

Selasa, 23 Mei 2023 | Mei 23, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-05-23T10:30:57Z

infoselebes.com, Palu -
Sulawesi Tengah - Gubernur diwakili Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Rudy Dewanto mengikuti Rapat Koordinasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) bersama Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian secara Virtual. Bertempat, di Ruang Teleconverence Kantor Gubernur. Senin, (22/5/2023)

Pada kesempatan itu, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Rudy Dewanto didampingi Karo Ekonomi, Pasi Wanwil Korem 132 Tadulako, Kabid Hortikultura Dinas TPH, Satgas Pangan Polda, Disbunak, Perum Bulog dan BUMD.

Mengawali sambutannya Muhammad Tito Karnavian mengatakan, berdasarkan prediksi dari sejumlah lembaga, diketahui di Indonesia bakal mengalami fenomena El Nino. Fenomena tersebut ditengarai dapat menyebabkan kekeringan di sejumlah wilayah yang bakal berdampak pada berkurangnya sumber air bersih bagi masyarakat.

"Untuk itu, kita perlu mewaspadai kekeringan."Ucap Mendagri 

Mendagri juga mengatakan, dikutip dari beberapa sumber, saat ini Malaysia sedang mengalami panic buying atau belanja yang berlebihan terhadap air mineral. Situasi ini diduga disebabkan oleh menurunnya jumlah air di bendungan sungai setempat. 

“Hal ini berdampak pada lonjakan harga air mineral karena tingginya permintaan pasar. Kenaikan harga tersebut secara tidak langsung dapat memicu peningkatan angka inflasi.” jelas Mendagri.

Selanjutnya, Mendagri meminta daerah untuk mewaspadai fenomena El Nino dengan lebih hati-hati, terutama daerah di wilayah Sumatera bagian timur seperti Riau, Jambi, dan sekitarnya yang rentan terhadap kebakaran lahan dan hutan.

Mendagri menekankan pentingnya mencegah terjadinya panic buying yang dapat memicu kenaikan inflasi. Upaya ini memerlukan koordinasi yang baik antara pemerintah daerah, dinas terkait, dan masyarakat.

"Oleh karena itu kita perlu kerja keras mulai tanggal 23 ini sampai dengan tanggal 31 Mei agar harga barang dan jasa tetap terkendali." Pungkasnya 

Seperti yang telah diketahui sebelumnya, bahwa Badan Pusat Statistik RI selalu mengeluarkan data inflasi disetiap awal bulan, data pada bulan April 2023 angka inflasi berada di 4,33% yang relatif cukup baik. 

"Angka ini sebenarnya bisa turun jika koordinasi antara pemerintah daerah dan dinas terkait di daerah tersebut sebut terus dilakukan, sehingga harga barang dan jasa dapat terkontrol dengan baik". Tambah Tito

Di akhir rakor, Tito berharap pemerintah daerah untuk sigap dalam menyiapkan sejumlah strategi guna mencukupi kebutuhan pangan di daerah masing-masing.

Turut hadir : Kementrian dan Lembaga, Kapolri, TNI, Gubernur, Bupati dan Walikota se-Indonesia. 

source : Diskominfo Sulteng

GUBERNUR DISDIK DISKANLUD BRI PALU PUSIGI PT.PP ADHI KARYA BRI PALU BRI PALU
Image 1
Image 2
Image 1
Image 2
close
Banner iklan disini