Sederhana Tapi meriah, Ini Catatan HUT Kemerdekaan RI di Daerah Ops Madago Raya




Info Poso, -Ada yang berbeda dari kebijakan yang diambil Kapolda Sulteng Irjen Polisi Abdul Rakhman Baso untuk menyelenggarakan upacara peringatan 76 tahun Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Dusun Tamanjeka Kabupaten Poso dan Dusun Manggalapi Kabupaten Sigi, Selasa (17/8/2021) lalu.

Dari Catatan Satgas Humas, di dua wilayah tersebut merupakan daerah Operasi satgas Madago Raya, Dusun tamanjeka Desa Masani Kecamatan Poso Pesisir tepat berada di kaki gunung Biru yang imagenya negatif sebagai markas basis paham radikal.

Sementara itu, di Dusun Manggalapi Desa Rejeki Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi diketahui adalah jalur lintas para DPO teroris Poso yang akan melalui dua wilayah yakni Sigi dan Parigi Moutong.

Olehnya Kapolda Sulteng selaku Penanggung jawab Kebijakan Operasi (PJKO) Madago Raya memerintahkan untuk menyelenggarakan upacara peringatan Hari Kemerdekaan RI di dua wilayah itu,Demikian penjelasan Kasatgas Humas melalui Wakasatgas Humas Ops Madago Raya AKBP Bronto Budiyono, melalui keterangan pers kepada media (19/8/2021).

Menurutnya, agenda upacara di dua wilayah itu dikemas secara sederhana khidmat dan meriah, giatnya pun turut libatkan warga setempat.

Turut hadir pada kesempatan itu unsur TNI Polri yang tergabung dalam Satgas Madago Raya, khususnya untuk melatih masyarakat yang dilibatkan sebagai pelaksana upacara.

"Meriah karena kali pertama digelar didua dusun sehingga menarik perhatian masyarakat untuk hadir dan adanya berbagai lomba seperti  makan krupuk, adzan, lari klereng,  baca puisi serta pemberian SIM reward di Tamanjeka, "beber Bronto.


Ditambahkanya, tak kalah meriah di Dusun Manggalapi selain karena dihadiri langsung oleh Kapolda Sulteng yang bertindak sebagai Inspektur Upacara, ditunjuk selaku komandan upacara adalah warga setempat, ini tentunya pengalaman luar biasa terlebih yang dipimpin ada TNI Polri.

Selain itu adanya kesempatan Presiden RI menyapa langsung kepada warga yang diwakili Kapolda Sulteng saat berada di Manggalapi melalui virtual sehingga menambah semangat masyarakat. 

"Kapolda Sulteng juga menggelar sunatan massal serta pengobatan gratis, serta terselenggaranya lomba makan krupuk dan lomba sumpit yang merupakan olah raga tradisional menambah kemeriahan 76 tahun Kemerdekaan RI," ujarnya lagi.

Wakasatgas Humas juga menerangkan pelaksanaan upacara di dua wilayah berbeda baik di Dusun Tamanjeka maupun Dusun Manggalapi yang paling utama adalah untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme masyarakat dan cinta kepada NKRI. Tim

0 Komentar