Notification

×

Iklan

Iklan-ADS

Iklan

Iklan-ADS

Gempa Bumi 3.5 SR Guncang Tambarana Poso, Ini Imbauan BMKG

Selasa, 04 Januari 2022 | Januari 04, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-01-05T13:10:49Z



Info Selebes - Selasa,  (05/01/2021) pukul 11:11 Wita, wilayah Tambarana Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah (Sulteng) kembali diguncang gempa bumi tektonik. 

Dari hasil analisis data BMKG menunjukkan informasi awal gempabumi itu berkekuatan 3.5. Episenter Skala Richter (SR) terletak tepat pada koordinat 1.34 Lintang Selatan (LS) - 120.48 BT (Bujur Timur).

Hal itu berdasarkan penjelasan Kepala Stasiun Geofisika Palu, Sujabar S.T saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp, Rabu,(05/01/2022).

"Gempa bumi tepatnya berlokasi di darat, 20 km arah baratdaya Tambarana Poso), pada kedalaman 10 kilometer (km)," jelasnya.


Caption//Foto Sumber BMKG Palu.

Dijelaskannya dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Malei.

Berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan II-III MMI di Poso. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami.

"Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," imbau Sujabar.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (www.bmkg.go.id).

"Atau bisa diakses melalui Mobile Apps (iOS dan Android @infobmkg). Olehnya
Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi BMKG," tutupnya. Hms BMKG/Red.

Siap-Cetak
close
Banner iklan disini