Notification

×

Iklan

Iklan-ADS

Iklan

Iklan-ADS
DPRD BANGAI KEPUlauan

BKKBN Akan Memberikan Penghargaan 'Ibangga Award' Bagi Pemda yang Berhasil

Rabu, 20 Maret 2024 | Maret 20, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-03-21T03:16:28Z
Kepala Perwakilan BKKBN Sulteng, Tenny C. Soriton, S.Sos, MM ketika membuka kegiatan sosialisasi panduan iBangga Award tahun 2024 pada hari senin (18/3/24) secara virtual

infoselebes.com, Palu -
Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) akan memberikan penghargaan kepada pimpinan daerah atas keberhasilan program pembangunan keluarga dalam tahun terakhir RPJMN 2020 – 2024 dengan capaian iBangga terbaik atau disebut iBangga Award.

Kepala Perwakilan BKKBN Sulteng, Tenny C. Soriton, S.Sos, MM ketika membuka kegiatan sosialisasi panduan iBangga Award tahun 2024 pada hari senin (18/3/24) secara virtual mengatakan bahwa Indeks Pembangunan Keluarga (iBangga) adalah suatu pengukuran kualitas keluarga yang ditunjukan melalui dimensi ketentraman, kemandirian dan kebahagiaan keluarga serta menggambarkan peran dan fungsi keluarga. 

“Jadi bapak/ibu ada indikator-indikator untuk mengukur kualitas keluarga misalnya dari segi penghasilan dan bagaimana berkehidupan sehari-hari apakah sudah melaksanakan 8 fungsi keluarga atau tidak, jadi untuk mengukur ibangga ada variabel-variabel yang dihitung berdasarkan data dari Pemutakhiran Pendataan Keluarga (PK) 2023”, terang Tenny.

Tenny menegaskan bahwa berdasarkan tren capaian ibangga di sulawesi tengah, kabupaten Morowali, Poso, Sigi, Buol, Toli-toli dan Kota Palu berada pada urutan 6 teratas.

“Sekali lagi, kualitas keluarga itu bukan sekedar dinilai karena sudah punya dua anak, bukan hanya sudah ber KB, tapi ada indikator dan fungsi-fungsi keluarga lainnya yang sudah dilaksanakan, sehingga dari penilaian beberapa indikator muncul data 6 kabupaten dan kota yang memiliki nilai iBangga di atas rata-rata provinsi dan akan diikutkan lomba iBangga award ini”, lanjutnya.

Indikator keberhasilan dari kebijakan pembangunan keluarga ditandai dengan meningkatnya Indeks Pembangunan Keluarga (ibangga). Tujuan umum dari diadakan penilaian iBangga Award tahun 2024 yakni untuk meningkatkan akselerasi program pembangunan keluarga untuk menjadi best practice yang dapat dijadikan percontohan di seluruh kab/kota. Penilaian iBangga Award 2024 dibagi menjadi 3 tahapan penilaian dan pemenang iBangga Award tingkat Provinsi akan diseleksi lebih lanjut di tingkat nasional.

editor : Sofyan
Source : fb BKKBN Sulteng
Siap-Cetak
close
Banner iklan disini