Notification

×

Iklan

Iklan-ADS

Iklan

Iklan-ADS
DPRD BANGAI KEPUlauan

Sekda Palu Dorong Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan Zakat di Rakor Baznas

Selasa, 11 Juni 2024 | Juni 11, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-06-11T10:45:27Z

infoselebes.com, Palu - Sekretaris Daerah Kota Palu, Irmayanti Pettalolo, S.Sos., MM, memberikan sambutan pada rapat koordinasi dan sosialisasi yang diselenggarakan oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Palu bertempat di Winners Sport Center, Kota Palu, Selasa (11/06/2024)

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan sistem pencatatan dan pelaporan setoran keuangan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Kota Palu. Sekkot Irmayanti menekankan bahwa kegiatan ini merupakan langkah penting untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan zakat di lingkungan Pemerintah Kota Palu.

"Saya akui bahwa di tahun-tahun sebelumnya pengelolaan zakat belum sesuai harapan. Namun, sejak kepengurusan Baznas Kota Palu yang baru, kami merasakan keterlibatan Baznas dalam berbagai program pemerintah, terutama dalam pemberdayaan masyarakat, telah semakin baik dan aktif," ujar Irmayanti Pettalolo.

Baznas Kota Palu bekerja sama dengan Pemerintah Kota Palu dalam membantu masyarakat yang membutuhkan, baik dari sisi keuangan maupun bahan makanan. Menurut Sekkot, zakat adalah salah satu instrumen penting untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan mengurangi kesenjangan sosial.

Dalam sambutannya, Irmayanti Pettalolo juga menyoroti beberapa aspek penting dalam pengelolaan zakat yang baik, yaitu transparansi dan akuntabilitas, profesionalisme, pemanfaatan teknologi, serta koordinasi dan kolaborasi.

"Sistem pencatatan dan pelaporan yang disosialisasikan hari ini harus mampu mencerminkan transparansi dan akuntabilitas. Setiap dana yang diterima dan disalurkan harus tercatat dengan jelas dan dapat dipertanggungjawabkan," jelasnya.

Ia juga menekankan pentingnya profesionalisme dalam pengelolaan zakat, dengan harapan setiap anggota UPZ di setiap OPD memiliki pemahaman yang baik tentang tata cara pengelolaan zakat, mulai dari pengumpulan, pencatatan, hingga pelaporan.

Pemanfaatan teknologi dalam sistem pencatatan dan pelaporan keuangan zakat juga dianggap sangat diperlukan untuk mempermudah proses administrasi, meningkatkan efisiensi, dan meminimalkan kesalahan.

Selain itu, kerja sama yang baik antara UPZ di setiap OPD sangat diperlukan. "Mari kita bangun koordinasi yang solid untuk memastikan bahwa seluruh proses pengelolaan zakat berjalan lancar dan sesuai dengan ketentuan," ajak Sekkot.

Melalui rapat koordinasi dan sosialisasi ini, Sekkot Irmayanti Pettalolo berharap dapat memperkuat komitmen bersama dalam mengelola zakat dengan lebih baik. "Mari jadikan pengelolaan zakat sebagai bagian dari upaya bersama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mendukung pembangunan di Kota Palu," tutupnya. 

editor : Sofyan
Source : Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Kota Palu.

GUBERNUR DISDIK DISKANLUD BRI PALU PUSIGI PT.PP ADHI KARYA BRI PALU BRI PALU
Image 1
Image 2
Image 1
Image 2
close
Banner iklan disini