Notification

×

Iklan

Iklan-ADS

Iklan

Iklan-ADS

Jangan Gabungkan Email Kantor untuk Hal Pribadi, Ini Bahayanya!

Rabu, 11 Agustus 2021 | Agustus 11, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-08-14T20:05:40Z



Info Teknologi - Rupanya banyak orang menilai menggunakan akun email pribadi untuk korespondensi bisnis tidak dianjurkan.

Namun, sebaliknya, mereka menganggap menggunakan email kantor untuk mendaftar di jejaring sosial, layanan online, dan hal pribadi lainnya adalah sesuatu hal yang diperbolehkan.

Padahal, menurut Roman Dedenok selaku Pakar Keamanan di Kaspersky, terdapat banyak risiko dari menggunakan email kantor untuk kepentingan pribadi, termasuk soal keamanan data pribadi karyawan.

Dikutip dari keterangan resmi Kaspersky, berikut ini alasan mengapa menggunakan email pekerjaan untuk hal pribadi adalah sebuah kesalahan dan berbahaya.

1. Membuat upaya profiling lebih mudah

Sebelum mengirim email penipuan ke karyawan tertentu, para pelaku kejahatan siber akan mengumpulkan informasi secara online, menggunakan alat tertentu untuk mempelajari alamat email mana yang digunakan seseorang di jejaring sosial, platform online, dan sebagainya.

Menggunakan email perusahaan untuk tujuan pribadi akan membuat para pelaku kejahatan siber lebih mudah dalam menemukan potret sosial Anda, sehingga membuat diri lebih rentan terhadap penipuan pada tahap pertama serangan yang menargetkan perusahaan.

2. Memberikan celah untuk melakukan spear-phishing

Para pelaku kejahatan siber memilih trik yang menurut mereka paling baik untuk menjerat korbannya.

Jika para pelaku kejahatan siber mengetahui bahwa korbannya telah menggunakan alamat email perusahaan untuk mendaftar di platform lain, mereka menganggap kemungkinan besar Anda akan tertipu oleh email phishing.

Mereka dengan mudahnya membuat pesan palsu yang menyamar sebagai pemberitahuan sah dari layanan tempat Anda mendaftarkan diri.

3. Lebih banyak kemungkinan terjadinya phishing dan malware massal di kotak masuk

Ketika terkait hal keamanan data pelanggan, tidak semua sumber daya online bersifat sama. Kebocoran basis data sangat populer di kalangan spammer massal, dimana mereka hanya membeli daftar alamat email untuk dibanjiri tautan berbahaya atau pesan phishing.

Sehingga, semakin banyak sumber daya yang Anda tautkan ke akun email perusahaan, semakin banyak potensi ancaman yang akan memasuki email Anda.

4. Kesulitan membedakan pesan pribadi dan pekerjaan

Berbicara volume pesan di kotak masuk Anda, jumlah berlebihan dapat menyebabkan masalah baru. Dengan volume pesan di email yang sangat penuh dan tercampur antara email pribadi dan pekerjaan, item berbahaya menjadi lebih sulit dikenali.

Semakin banyak email pribadi yang Anda baca selama jam kerja, semakin besar kemungkinan Anda secara tidak sengaja mengklik lampiran berbahaya atau mengikuti tautan phishing.

Meskipun Anda tidak menggunakan email kantor untuk urusan pribadi, tetap penting untuk menerapkan upaya perlindungan diri dari spam dan phishing. Semakin banyak lapisan perlindungan, semakin baik

informasi ini di ambil dari  :

https://techno.okezone.com/read/2021/08/13/57/2455080/jangan-gabungkan-email-kantor-untuk-hal-pribadi-ini-bahayanya

Siap-Cetak
close
Banner iklan disini