Notification

×

Iklan

Iklan-ADS

Iklan

Iklan-ADS

Kepala Ombudsman Sulteng, Harap OPD Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

Kamis, 11 Agustus 2022 | Agustus 11, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-08-11T09:25:33Z



infoselebes.com - Palu, Sulawesi Tengah. Gubernur Sulawesi Tengah yang diwakili oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Sulawesi Tengah Dra. Novalina, MM menghadiri kegiatan Workshop Penilaian Penyelenggaraan Pelayanan Publik terhadap pelaksanaan undang-undang No. 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik pada tahun 2022. Bertempat di Hotel Sutan Raja. Kamis (11/8/2022).

Dalam sambutan, Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sulawesi Tengah Sofyan Farid Lembah Mengatakan, pada penilaian pelayan publik terdapat 3 kategori, yaitu zona merah memiliki arti rendah, zona kuning memiliki arti sedang dan zona hijau memiliki arti tinggi. Pada tahun 2019, Sulawesi Tengah meraih nilai tertinggi pada pelayanan publik yang ada di 6 (enam) kab/kota. Adapun kab/kota yang dimaksud yaitu Kab. Poso, Kab. Banggai, Kab. Tojo una-una, Kab. Parigi Moutong, Kab. Sigi dan Kota Palu yang mana tidak semua provinsi bisa mendapatkan zona hijau tersebut. 

Tentunya terdapat pasang surut dalam penilai pelayanan publik ini. Pada tahun 2021, daerah Sulawesi Tengah mendapat nilai yang berada pada zona merah di 2 kab/kota dan Kabupaten lainnya masuk pada zona kuning. Hal ini tidak hanya terjadi pada kab/kota Provinsi Sulteng saja, namun juga hampir diseluruh Provinsi. 

Selanjutnya, Mengacu pada hasil evaluasi pada tahun sebelumnya, Ombudsman akan melakukan supervisi dalam bentuk pendampingan dalam waktu dua minggu kedepan yang nantinya akan dilakukan survei kembali. Pada tahun ini survei yang dilakukan akan menggunakan teknik wawancara pada pengguna jasa layanan. 

Terdapat 14 indikator yang dinilai dalam penilaian pelayanan publik ini, utamanya yaitu standar pelayanan publik yang menyangkut pada visi misi, ketersediaan sarana disabilitas, proses perizinan, sampai pada sarana dan prasarana termasuk toilet. Adapun dinas yang akan dinilai yaitu Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil), Dinas Sosial, Kantor Pengaduan Perizinan Terpadu serta seluruh Puskesmas.

Diakhiri sambutannya Sofyan berharap agar penilaian tahun ini dan tahun berikutnya seluruh dinas bisa meningkatkan kualitas serta mendapatkan nilai dan opini yang baik oleh penggunaan jasa layanan. 

 "Semoga pengguna jasa layanan memberikan opini yang baik untuk pemerintah, dan seluruh kab/kota bisa meningkatkan kualitasnya dan mendapatkan opini yang terbaik" ucap Sofyan. 

Turut hadir : Bupati se-Sulawesi Tengah, Wakil Walikota Palu, Kepala Dinas Kominfo Provinsi Sulteng, serta Sekretaris daerah Kab/Kota se-Sulawesi Tengah

Sumber : Humas DKIPS Provinsi Sulteng
Siap-Cetak
close
Banner iklan disini