Notification

×

Iklan

Iklan-ADS

Iklan

Iklan-ADS

Dalam Rangka Terwujudnya RPJMN dan RPJMD , BPK RI Akan Audit Kinerja Pemprov Sulteng

Kamis, 08 September 2022 | September 08, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-09-08T13:57:44Z


infoselebes.com , - Palu, Sulawesi Tengah. Gubernur H. Rusdy Mastura, Menerima Kunjungan Kepala Perwakilan BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) RI Provinsi Sulawesi Tengah Slamet Riyadi dan Jajaranya. Bertempat, di Ruang Kerja Gubernur. Selasa, (6/9/2022)

Pada Kesempatan Itu, Gubernur Sulawesi Tengah  H. Rusdy Mastura, didampingi Asisten Administrasi Umum, Hukum dan Kepegawaian H. Mulyono, SE., Ak, MM, Kepala Inspektorat Provinsi Drs. Mukhlis, MM, Kepala Bappeda Provinsi Dr. Sandra Tobondo, MT dan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) diwakili Kabid Akuntansi.

Kepala Perwakilan BPK RI Sulawesi Tengah Slamet Riyadi menyampaikan bahwa BPK RI akan melakukan Audit Kinerja pemerintah daerah Provinsi Sulawesi Tengah dalam rangka mengawal capaian Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN)  melalui program dan kegiatan yang dilaksanakan Provinsi Sulawesi Tengah.


Selanjutnya, Slamet Riyadi menyampaikan bahwa RPJMN  merupakan panduan dan pedoman penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Sehingga BPK RI akan mengawal untuk terwujudnya RPJMN dan RPJMD melalui program dan kegiatan OPD strategis untuk mengawal pencapaian Visi dan Misi Gubernur.

Hasil Audit yang dilakukan akan memberikan rekomendasi masukan kepada Gubernur agar memberikan dorongan kepada OPD untuk percepatan perwujudan Visi dan Misi Gubernur, RPJMN dan RPJMD.

Pada kesempatan yang sama, Rusdy Mastura mengucapkan terima kasih kepada BPK RI Perwakilan Sulawesi Tengah yang akan melakukan Audit Kinerja pemerintah daerah dalam rangka perwujudan RPJMN dan RPJMD sesuai Visi dan Misi Gubernur.

Selanjutnya, Rusdy Mastura menyampaikan sesuai Visi Gubernur "Gerak Cepat Menuju Sulawesi Tengah yang Sejahtera dan Lebih" dan memiliki 9 Misi, tetapi melihat waktu yang terbatas sehingga ada prioritas utama sesuai Misi tersebut untuk diwujudkan antara lain ; penanganan penurunan angka stunting, penurunan angka kemiskinan, peningkatan kualitas pendidikan dan sekolah vokasi, peningkatan kualitas kesehatan, peningkatan fiskal daerah serta mensukseskan program pusat yang dilaksanakan di daerah seperti ; Program Food Estate dan Program Pengembangan Industri Perikanan Halal di Banggai Laut.

Hal ini menjadi prioritas yang akan dicapai dan diwujudkan, saat ini sudah ada hasilnya kemiskinan kita sudah menurun, pendidikan gratis kita sudah dilaksanakan dan rencana pembangunan BLK di Kota Palu, Morowali akan dibangun melalui dukungan Kementrian Tenaga Kerja, kualitas kesehatan masyarakat akan terus diupayakan melalui peningkatan kualitas layanan kesehatan masyarakat, dan untuk Peningkatan Fiskal Daerah sudah mulai menunjukkan hasil yang baik, dari PAD sebelumnya sebesar 900 M, saat ini sudah meningkat menjadi 1,3 T.

Untuk program Food Estate dan Industri Perikanan Halal sudah dipersiapkan lokasinya dan tahapannya sudah mulai berjalan sebagai upaya mempersiapkan Sulawesi Tengah sebagai daerah penyangga IKN.

Gubernur berharap agar Audit yang dilaksanakan BPK RI bisa berjalan baik, Gubernur meminta semua OPD yang dilakukan Audit memberikan data dan pendampingan agar dapat menghasilkan rekomendasi untuk kita jalankan didalam rangka mewujudkan RPJMN, RPJMD sesuai Visi dan Misi pemerintah daerah yang telah ditetapkan.

Editor : Yusuf
Sumber : Diskominfo Sulteng
Siap-Cetak
close
Banner iklan disini