-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

iklan-popup

Iklan

Iklan-ADS

Tag Terpopuler

Asisten III Bidang Administrasi Umum Buka Secara Resmi Talk Show dan Pelatihan Kepenulisan Tahun 2022.

Selasa, 08 November 2022 | November 08, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-11-08T11:35:56Z



Palu, Sulawesi Tengah. Gubernur diwakili Asisten III Bidang Administrasi Umum H. Mulyono SE., Ak., MM, membuka secara resmi Talk Show dan Pelatihan Kepenulisan di Provinsi Sulawesi Tengah Bersama Duta Baca Indonesia Tahun 2022 dengan tema "Membaca Itu Sehat, Menulis Itu Hebat". Bertempat, di Gedung Pogombo Kantor Gubernur. Selasa, (8/11/2022)

Dalam laporannya, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulteng Drs. I Nyoman Sriadijaya, M.M menyampaikan bahwa Festival Literasi Sulawesi Tengah Tahun 2022 dilaksanakan dalam rangka bulan gemar membaca dan hari kunjung perpustakaan sekaligus peringatan 4 (empat) tahun bencana alam, gempa bumi dan liquifaksi yang dibuka secara langsung oleh Gubernur pada 28 September 2022.

Selanjutnya, untuk penyelamatan arsip kebencanaan sebagai memori kolektif bangsa yang kegiatannya terdiri dari 4 (empat) kategori yaitu ; kategori 1 ; kategori minat baca yang terdiri dari 28 jenis lomba, kategori 2 ; peningkatan kapasitas birokrasi pustakawan dan arsiparis yang terdiri dari 16 kegiatan, kategori 3 ; gerakan cinta dan peduli perpustakaan kearsipan yang terdiri dari 6 kegiatan dan kategori 4 ; pameran promosi dan minat baca yang terdiri dari 10 kegiatan.

"Festival literasi ini merupakan festival yang pertama kali dilaksanakan dengan 60 konten kegiatan. Khususnya untuk lomba minat baca yang hari ini diserahkan penghargaanya  kepada 270 pemenang dari 28 lomba minat baca." Kata Kepala Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulteng.

Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi juga mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada kepala Perpustakaan Nasional RI, atas terselenggaranya festival literasi yang dilaksanakan selama 100 hari dan juga kepada Gubernur, Wakil Gubernur, Pj. Sekretaris Daerah, Asisten dan Bunda Literasi, Kepala OPD, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten/ Kota, Ketua Komisi I dan Komisi IV, Kepala OJK, Ketua Korpri, Pelukis, Kurator, Narasumber dan Sponsor. 

"Diselenggarakanya workshop ini merupakan rangkaian penutup dari semua lomba minat baca." Tambah beliau

Pada kesempatan itu, Asisten III Bidang Administrasi Umum Mulyono membacakan sambutan Gubernur menyampaikan ucapan selamat datang kepada Kepala Perpustakaan Nasional RI dan Duta Baca Indonesia bersama rombongan di Bumi Tadulako, Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Kegiatan safari literasi bersama duta baca indonesia ini, merupakan puncak dari seluruh kegiatan peringatan bulan rangkaian gemar dan hari kunjung membaca perpustakaan, dimana pada akhir dari kegiatan safari literasi duta baca ini, akan melahirkan sebuah buku karya inspiratif untuk meningkatkan minat baca dan indeks literasi masyarakat di Sulawesi Tengah.

Sesuai dengan agenda prioritas pembangunan bapak presiden joko widodo dalam RPJMN 2020-2024, budaya literasi menjadi salah satu indikator dalam membangun revolusi mental dan pembangunan kebudayaan. Sehingga dengan adanya budaya literasi ini akan mewujudkan masyarakat yang berpengatahuan, inovatif dan kreatif.

"Terima kasih, saya  sampaikan kepada Kepala Perpustakaan Nasional RI yang telah memfasilitasi safari literasi duta baca golagong indonesia." Kata Mulyono membacakan sambutan Gubernur 

Diakhir sambutanya, Gubernur berharap semoga kegiatan ini dapat meningkatkan kreativitas masyarakat, meningkatkan indeks terlebih dan untuk momentum kecerdasan literasi masyarakat dan khusus lagi meningkatkan indeks gemar membaca di Sulawesi Tengah. Dan semoga melalui pelatihan penulis "kisah inspiratif" ini, nantinya dapat melahirkan penulis-penulis top Nasional dari Bumi Tadulako, Provinsi Sulawesi Tengah.

Turut hadir : Kepala Perpustakaan Nasional RI diwakili Pustakawan Ahli Utama Perpustakaan RI, Bunda Literas Provinsi Sulteng, Duta Baca Indonesia, Bunda Duta Baca Sulteng, Kepala OPD Provinsi dan Kabupaten/Kota, Pegiat Literasi, Pustakawan, narasumber, Pelajar TK, SD, SMP, SMA, Perguruan Tinggi dan Stakeholder. DKIPS Sulteng.

DPRD Donggala

DPRD Donggala

KADIS-PU-PALU

DPRD Donggala

DPRD Donggala

DPRD Donggala

Gubernur-Sulteng


DPRD Donggala

DPRD Donggala