-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

iklan-popup

Iklan

Iklan-ADS

Tag Terpopuler

Sejahterakan Petani, Babinsa Koramil 1305-09/Bokat Bantu Petani Panen Padi

Minggu, 13 November 2022 | November 13, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-11-15T01:26:51Z


infoselebes.com  - Pangan merupakan kebutuhan dasar utama bagi manusia yang harus dipenuhi setiap saat. Salah satunya adalah tanaman padi yang harus terus di dorong oleh pemerintah melalui TNI AD agar masyarakat (Petani) mau menanam padi.

Hal ini dilakukan karena tanaman padi  merupakan salah satu kebutuhan pokok yang banyak di konsumsi oleh masyarakat Indonesia. Inilah yang menjadikan seorang Bintara pembina desa (Babinsa) di desa binaannya harus terus melakukan Komunikasi Sosial (Komsos) bersama petani agar bisa menjaga ketahanan pangan di wilayah binaannya.

Seperti yang dilakukan Serka Jupri Madukala di waktu libur seharusnya dirinya berkumpul bersama keluarga dirumah, akan tetapi demi tanggung jawab dalam menjaga ketahanan pangan di desa binaannya, dirinya lebih memilih untuk membantu petani di ladang.

"Ini sudah menjadi tanggung jawab saya sebagai seorang prajurit TNI-AD Kodim 1305/BT, yang mana saat di sumpah sebagai seorang prajurit dirinya harus lebih mendahulukan kepentingan banyak orang dan negara dibandingkan kepentingan pribadi, salah satunya dengan mendampingi petani untuk memanen padi dilahan seluas 0,5 Ha milik Ibu Sawuiya warga Desa Diat, Kecamatan Bukal, Kabupaten Buol." Ungkap Serka Jupri Madukala kepada media Minggu (13/11/2022).

Serka Jupri Madukala kembali menuturkan pendampingan Hanpangan untuk membantu Ibu Sawuiya dalam melakukan panen padi jenis Lombi-Lombi harus terus dilakukan, karena dalam mendekatkan diri kepada petani dibutuhkan Komunikasi sosial (Komsos), sehingga kemanunggalan TNI bersama rakyat bisa lebih erat.

"Pendampingan ini dimaksudkan agar para petani di desa binaan bisa lebih mempersingkat waktu dalam memanen padi, sehingga pengeluaran keuangan yang dilakukan dapat sedikit berhemat, dan mengangkat perekonomian petani, dan inilah salah satu tujuan dari komando atas agar kedekatan TNI bersama rakyat bisa terus terjaga," Bebernya.

Di tempat terpisah Dandim 1305/BT Letkol Inf Lawdewick Brucelee Karthnie, S.Sos melalui Danramil 1305-09/Bokat Letda Inf Suyadi menjelaskan bahwa kegiatan yang di laksanakan oleh Babinsa tersebut untuk mendukung Petani di Desa binaannya, merupakan perintah langsung dari komando atas

"Sebelumnya melalui rapat yang perna di adakan kantor Makodim 1305/BT Dandim menegaskan bahwa TNI-AD (Babinsa) harus selalu siap untuk mendampingi para Petani, dengan cara mengoptimalkan peran para Babinsa dan selalu berkoordinasi dengan pihak terkait serta pihak manapun dalam suksesnya program ketahanan pangan Nasional khususnya di Kabupaten Buol," Pungkasnya 

Sedangkan pemilik sawah milik Ibu Sawuiya yang merupakan warga Desa Diat kepada media ini mengucapkan terima kasih banyak kepada bapak Babinsa ya g sudah membantu dirinya dalam melakukan panen padi hari ini.

"Bantuan tenaga yang di berikan ini telah membuat waktu dalam memanen padi menjadi lebih singkat dan biaya hari hari yang dikeluarkan bisa lebih ditekan, dan dapat digunakan untuk kebutuhan rumah tangga, Sekali lagi terima kasih bapak Babinsa ya g sudah meluangkan waktunya datang membantu kami," Pungkasnya.

DPRD Donggala

DPRD Donggala

KADIS-PU-PALU

DPRD Donggala

DPRD Donggala

DPRD Donggala

Gubernur-Sulteng


DPRD Donggala

DPRD Donggala