-->

Notification

×

Iklan

Iklan-ADS

Iklan

Iklan-ADS

Sulteng Jadi Tuan Rumah Gernas BBI

Rabu, 21 Desember 2022 | Desember 21, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-12-22T02:38:51Z


infoselebes.com - Palu, Sulawesi Tengah - Gubernur diwakili Pj. Sekretaris Daerah Dr. Rudi Dewanto SE, MM memimpin rapat persiapan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI). Bertempat, diruang kerja Pj. Sekda Kantor Gubernur. Rabu, (21/12/2022)

Dalam rangka pelaksanaan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) bahwa Provinsi Sulawesi Tengah menjadi tuan rumah pada penyelenggaraan Gernas BBI, pada bulan Maret 2023. 

Gernas BBI merupakan program Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi yang melibatkan berbagai kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah.

Tujuannya untuk mendorong national branding produk lokal unggulan, sehingga menciptakan industri baru dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

Gerakan ini merupakan bagian dari program percepatan transformasi digital dan industri kreatif nasional, sekaligus mendorong penggunaan produk dalam negeri. 

Adapun randown pelaksanaan Gernas BBI antara lain ; Launching BBI dan PDN, menyortir produk-produk unggulan siap go internasional, kurasi UMKM dan IKM, menjembatani produk lokal agar terserap Pemerintah (pameran dan bussines matching), mengundang 5 (lima) perusahaan  Top Brands, menyiapkan IKM masuk BUMDes dan Koperasi, pelatihan digital dan pengembangan selama 3 bulan.

Pada kesempatan itu, Pj. Sekda Rudi Dewanto membacakan hasil rapat Gernas BBI tersebut yakni ;

- Sesuai penyampaian dari Kemenko Marves, bahwa Provinsi Sulawesi Tengah menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang akan dilaksanakan pada Maret 2023 mendatang.

- OPD-OPD Teknis telah di masukan kedalam SK Tim Gernas BBI, yang nantinya bertugas sesuai dengan Randown acara.

- Harvesting akan dilaksanakan pada Maret 2023 Minggu ke- 2 dengan agenda yakni ; mengundang seluruh KL dan PD untuk belanja produk lokal, pengumuman UMKM dan IKM Champion, laporan pencapaian target, pameran UMKM, sambutan kepala daerah, pengumuman UMKM, IKM dan Artisah yang masuk ke E-katalog, menghadirkan Startup binaan Kementerian dan monitoring pasca harvestory.

-Kepada Dinas Perindag untuk membuat surat yang ditandatangani oleh Gubernur ataupun Pj. Sekda dan diberikan kepada kepala daerah terkait, yang masuk dalam kegiatan Gernas BBI untuk penyesuaian anggaran dalam RKA, dalam rangka mensukseskan Gernas BBI.

-Dinas Perindag selaku Leader dalam Gernas BBI, menyelenggarakan rapat internal yang membahas terkait branding, slogan, membuat 5 usulan daerah wisata, 

-Melakukan Koordinasi lebih lanjut dengan pemerintah pusat (Kemenko Marves).

Rapat tersebut dihadiri ; Biro Perekonomian, Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Perindag, Dinas Kominfo, Dinas Pariwisata, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, OJK dan Bank Indonesia.

(HPS)

Iklan-ADS

Daftar Daftar
Daftar Daftar
Revisi Revisi
Revisi Revisi
Revisi Revisi
Revisi Revisi
Revisi Revisi