Notification

×

Iklan

Iklan-ADS

Iklan

Iklan-ADS

AMAN Bangkep Dorong Program Gerakan Pulang Kampung di Komunitas Sabang

Kamis, 06 Juli 2023 | Juli 06, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-07T03:23:46Z

Infoselebes.com.Bangkep - Pengurus Daerah (PD) Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Banggai Kepulauan (Bangkep) bersama pemuda adat Sabang, mendorong sebuah gerakan pulang kampung.


Ketua AMAN Bangkep, Jemianto Maliko menjelaskan, gerakan pulang kampung merupakan tempat berfikir untuk menentukan masa depan kampung kita dan tentunya perlu keterlibatan anak-anak muda.


Berangkat dari  sebuah  kondisi Pemuda Adat, kata Jemi, banyak dari mereka yang meninggalkan  kampung halamannya untuk pergi ke kota hanya  untuk mengubah nasib. Namun itu tidak semua berhasil. 


Sementara kampung halaman, kondisinya malah memprihatinkan. Hutan, tanah, dan airnya tereksploitasi.  Masyarakat Adat berserta pemuda Adat tersingkirkan dalam ruang hidupnya sendiri. 



" Pemuda menjadi ujung tombak dalam menjaga,memelihara,mengelola sumber  daya  alam. Disisi lain banyak juga yang berlomba-lomba meninggalkan kampung, merantau atau melanjutkan studi," ungkap Jemi.(7/7/2023)


Oleh karena itu, menurutnya dengan program gerakan pulang kampung, adalah sikap bahwa kita sebagai generasi penerus Masyarakat Adat, pada dasarnya adalah pewaris hak sebagai Masyarakat Adat.

Dia menambahkan, program gerakan pulang  Kampung bertujuan mendorong ekonomi bagi pemuda adat sabang melalui kegiatan  penanaman jagung dan budidaya ikan.


" Gerakan pulang kampung adalah sebuah pengakuan Identitas masyarakat adat dan wilayah adat yang menjamin masa depan kita. Ini nyawa bagi masa depan penerus Masyarakat Adat,"  tutup Jemi.


Samsir
gub revisi-BRI HUT-SULTENG PENDIDIKAN-PROVINSI tmj
Gubernur adikarya-tbk KETUA-DPRD-MOROWALI kabid-perkebunan Ucapan-Idulfitri-2 BINA-MARGA REVISI-KONI dinas-pemukiman-sigi bppeda Revisi-BRI-Palu AMPANA-MOTOR revisi-pt-adhi DESAIN-TMJ kel-besar11 Kabid-SMK SMAN1-BUNTA SMAN-1-BAHODOPI SMKN-BAHODOPI
Siap-Cetak
close
Banner iklan disini