Notification

×

Iklan

Iklan-ADS

Iklan

Iklan-ADS

Terapkan Disiplin, Siswa di SMAN 5 Palu Nyaris tidak Ada Berkeliaran Saat KBM

Senin, 07 Agustus 2023 | Agustus 07, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-08-07T12:08:32Z

Infoselebes.com, Palu
- SMA Negeri 5 Palu merupakan salah satu sekolah menengah atas di Sulawesi Tengah yang mengutamakan kedisplinan siswanya. Sebab, tertib dan tepat waktu yang merupakan salah satu dari bentuk kedisiplinan sangat dibutuhkan demi kemajuan sistem pengajaran dan pembelajaran disekolah. Kedisiplinan pun menjadi pertimbangan pihak luar untuk menilai sebuah sekolah sebagai sekolah idaman.

"Dengan kedisiplinan yang kami terapkan, tentunya siswa nyaris tidak ada berkeliaran di luar saat proses belajar mengajar berlangsung," kata Kepala SMAN 5 Palu, Drs Salim M.M diruang kerjanya belum lama ini.

Menurut Ketua Forum MKKS Sulteng ini, salah satu tujuan dari pendidikan adalah membentuk pribadi yang disiplin, terutama dalam dunia pendidikan di sekolah. Tentunya pendidik diharapkan dapat memberikan teladan bagi peserta didiknya.Serta figur pendidik harus dapat mengarahkan siswa disiplin belajar. antaranya, mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan dalam belajar, mengerjakan tugas tepat waktu, mengarahkan siswa berpakaian rapi dan sopan, disiplin mengatur waktu, dan tidak bermain-main saat jam pelajaran.

"Jadi dalam dunia pendidikan, kedisiplinan sangat diperlukan. Karena kedisiplinan merupakan sikap yang melatih anak untuk tepat waktu, dan tidak membuang-buang waktu. Peserta didik akan selalu memanfaatkan waktu sebaik-baiknya," terang Salim yang juga Ketua MKKS SMA Kota Palu ini.
.
Ia menambahkan, keberhasilan siswa dalam bersikap disiplin dapat dilihat dari keberhasilan mencapai indikator. Kemudian siswa memiliki sikap disiplin apabila sebagian besar sudah mencapai indikator-indikator pencapaian. 

Adapun manfaat yang dapat dirasakan dari sikap disiplin yaitu sekolah yang tertib akan menciptakan proses pembelajaran yang baik dan efektif. Sedangkan keberhasilan seorang pendidik bisa dikatakan berhasil apabila dapat menghasilkan siswa yang disiplin. * (Agus)
gub revisi-BRI HUT-SULTENG PENDIDIKAN-PROVINSI tmj
Siap-Cetak
close
Banner iklan disini