Notification

×

Iklan

Iklan-ADS

Iklan

Iklan-ADS
DPRD BANGAI KEPUlauan

Aktivis PATBM Kota Palu, Sigi dan Donggala Dikukuhkan

Rabu, 29 November 2023 | November 29, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-11-29T08:22:50Z

Infoselebes.com, Palu
- Gubernur Rusdi Mastura diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Dr. Fahrudin, S.Sos, M.Si, mengukuhkan ratusan aktivis Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) Kota Palu, Kabupaten Sigi dan Donggala (Pasigala) yang digelar di Gelora Bumi Kaktus (GBK), Rabu (29/11).

PATBM merupakan gerakan masyarakat dalam rangka pencegahan dan respon cepat terhadap kekerasan anak di tingkat desa dan kelurahan.

“Saya mengapresiasinya sebagai aksi nyata dari sinergitas dan kolaborasi pemerintah daerah, lembaga non pemerintah dan masyarakat dalam menjaga keberlanjutan upaya perlindungan anak di Sulawesi Tengah,” ujar asisten dalam sambutan tertulis gubernur.

Berdasarkan data Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Provinsi Sulteng, sampai bulan September telah terjadi 444 kasus kekerasan terhadap anak.

Terjadinya kasus-kasus tadi kata asisten antara lain disebabkan oleh kekeliruan cara pandang keluarga maupun masyarakat dalam menanamkan kedisiplinan kepada anak dengan cara-cara seperti memberi hukuman.

Olehnya Ia berharap semoga aktivis PATBM dapat menjadi penggerak di masyarakat untuk mengenali, menelaah dan mengambil inisiatif untuk mencegah dan menanggulangi masalah kekerasan terhadap anak di lingkungan masing-masing.

“Optimalisasi peran masyarakat melalui aktivis PATBM merupakan sistem kerjasama yang terdiri dari elemen masyarakat saling terkait, terintegrasi dan mendukung satu sama lainnya dalam upaya menciptakan masyarakat yang aman bagi anak dari segala tindakan kekerasan,” pungkasnya.

Senada dengan pesan dan harapan tadi, Ketua TP-PKK Provinsi Sulteng Dr. Hj. Vera Rompas Mastura, S.Sos, M.Si meminta sinergitas lintas institusi dalam mendukung aktivis PATBM se Pasigala.

“Harapan kami yang utama (ke pemda) agar dianggarkan untuk mendukungnya,” harap Ketua TP-PKK kepada Asisten Fahrudin yang mewakili pemerintah Provinsi Sulteng.

Pada kesempatan yang sama, ikut dilaksanakan talk show dan tanya jawab bersama Asisten Fahrudin dan Ketua TP-PKK Sulteng Vera Rompas Mastura dengan moderator Kabid Perlindungan Hak Perempuan dan Perlindungan Khusus Anak Diana Adam Pattalao, S.Sos, M.Si. (**)
Iklan-ADS

GUBERNUR
GUBERNUR DISDIK DISKANLUD BRI PALU PUSIGI PT.PP ADHI KARYA BRI PALU BRI PALU
Image 1
Image 2
Image 1
Image 2
close
Banner iklan disini