Notification

×

Iklan

Iklan-ADS

Iklan

Iklan-ADS
DPRD BANGAI KEPUlauan

Langkah Besar Ekspor Durian Sulawesi Tengah ke Tiongkok

Selasa, 09 Juli 2024 | Juli 09, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-07-10T04:23:03Z

infoselebes.com, Palu - Sulawesi Tengah - Dalam upaya meningkatkan ekspor produk unggulan dari Sulawesi Tengah, Gubernur Sulawesi Tengah yang diwakili oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sulteng, Nelson Metubun, mendampingi Staf Khusus Bidang Ketahanan Pangan dan Ekonomi Hijau Kemenko Marves RI, Van Basten, dalam kunjungannya ke Pelabuhan Pantoloan pada Selasa, 9 Juli 2024.

Kunjungan ini bertujuan untuk meninjau persiapan ekspor durian asal Sulawesi Tengah ke Tiongkok, langkah penting untuk membawa durian lokal ke pasar internasional. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Direktur Standar Karantina Tumbuhan Badan Karantina Indonesia, AM Adnan, Direktur Pengawasan Penerapan Standar Keamanan dan Mutu Pangan Badan Pangan Nasional RI, Anas Yalitoba, Dirjen Hortikultura Kementrian Pertanian RI, Farida, serta General Manager Pelindo Regional 4 Pantoloan, Ramdan Affan, bersama staf.

Van Basten menyampaikan bahwa kunjungan ini dilakukan untuk melihat langsung kesiapan Pelabuhan Pantoloan sebagai tempat penyaluran logistik menuju Tiongkok. “Kami ingin memastikan bahwa produk durian dari Sulawesi Tengah bisa bersaing secara global, khususnya untuk memenuhi pasar Tiongkok,” ujar Van Basten.

Nelson Metubun menambahkan bahwa pihaknya telah melakukan berbagai persiapan untuk memastikan durian yang diekspor memenuhi standar kualitas dan keamanan pangan yang ditetapkan oleh otoritas Tiongkok. “Kami sudah memastikan bahwa durian yang diekspor akan memenuhi standar yang ketat, baik dari segi kualitas maupun keamanan pangan,” jelas Metubun.

Kegiatan ini diakhiri dengan peninjauan fasilitas Pelabuhan Pantoloan Palu yang akan digunakan sebagai titik pengiriman durian ke Tiongkok. Diharapkan, dengan adanya kerjasama yang baik antara pemerintah pusat dan daerah, proses ekspor durian Sulawesi Tengah ke Tiongkok dapat berjalan lancar dan sukses.

Kerjasama ini diharapkan tidak hanya meningkatkan ekspor durian, tetapi juga mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dan memberikan manfaat bagi para petani durian di Sulawesi Tengah. Dengan persiapan yang matang, Sulawesi Tengah siap menghadirkan durian berkualitas di pasar internasional.

Editor : Sofyan
Source : Kominfo Sulteng

Iklan-ADS

GUBERNUR
GUBERNUR DISDIK DISKANLUD BRI PALU PUSIGI PT.PP ADHI KARYA BRI PALU BRI PALU
Image 1
Image 2
Image 1
Image 2
close
Banner iklan disini