Bupati Donggala Hibahkan Aset Ke Kemenhub RI




Info Donggala, Bupati dan Wakil Bupati Donggala bersama Plt. Direktur Jendral (Dirjen) Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI) bersama rombongan meninjau lokasi pembangunan Pelabuhan Donggala tepatnya di Anjungan Gonenggati antara Kelurahan Kabonga Kecil dan Kelurahan Tanjung Batu Kecamatan Banawa Donggala, Selasa (14/09/2021).

Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub Perhubungan RI, Arif Toha Tjahjagama mengatakan, pembangunan terminal Pelabuhan Donggala di Anjungan Gonenggati Kecamatan Banawa dan Pelabuhan Wani di Kecamatan Tanantovea oleh Pemerintah Pusat ini berasal dari pinjaman luar Negeri melalui Asian Development Bank (ADB). Dan akan dilakukan program rehabilitasi dan rekonstruksi mulai tahun 2021 ini sampai tahun 2023 akan datang.

Dimana Kabupaten Donggala ini sebagai Pelabuhan pertama yang ada di Sulawesi Tengah, juga tidak luput dari perhatian Pemerintah Pusat untuk dikembangkan sebagai salah satu simpul transportasi Nasional.

“Penyerahan lahan ini menjadi penting bahwa Pemerintah Pusat akan membangun kembali Pelabuhan Donggala, dimana Pelabuhan ini sempat terganggu oleh adanya bencana alam yang terjadi pada 28 September 2018 silam,” kata Arif Toha Tjahjagama dihadapan awak media, Selasa (14/09).

Kemenhub RI juga berkomitmen untuk mengembangkan transportasi laut sebagai salah satu jalur transportasi di Indonesia.

“Kami berkomitmen bahwa transportasi laut sebagai harapan besar Negara kita, yang merupakan bagian terbesar dari NKRI agar sama-sama kita kembangkan. Presiden telah bertekat untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim Dunia,”tuturnya.

Dikatakannya lagi, bahwa untuk pengelolaan Pelabuhan Donggala kedepannya akan dikelola oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

“Pembangunan Pelabuhan baru ini dianggarkan sebesar Rp. 500 Miliar, dengan bentuk pinjaman Soft Loan dari Asian Development Bank atau Bank Pembangunan Asia (BPA). Sementara itu trayek akan berskala regional, namun jika memungkinkan juga akan membuka trayek Nasional,” sebutnya.

Sementara Bupati Donggala Kasman Lassa mengatakan, dalam upaya mengembalikan kejayaan Pelabuhan Donggala sebagai wujud keseriusan Pemerintah Kabupaten Donggala.

“Dalam mendukung kelancaran kegiatan rencana pembangunan pelabuhan baru ini, Pemkab Donggala menghibahkan sebagian tanah/jalan di Anjungan Gonenggati dengan luas 27,367 meter persegi dan kolam laut buatan seluas 101,533 meter persegi kepada Kemenhub Dirjen Perhubungan Laut,”pungkasnya.  Syamsir

0 Komentar