-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

iklan-popup

Iklan

Iklan-ADS

Tag Terpopuler

Ini Penjelasan PPTK Soal Kondisi Ruas Jalan Turungku Kabupaten Buol

Jumat, 28 Januari 2022 | Januari 28, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-01-28T13:26:53Z

Info Selebes - Sudah menjadi agenda pemeliharaan rutin ruas Jalan Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) yang beralamat di bilangan Jalan Turungku (Kali - Kulango) meliputi penanganan sepanjang ruas 1,8 Kilometer (KM).

Demikian penjelasan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Pemeliharaan Jalan Provinsi Sulteng Ruas Kabupaten Buol, Iwan Kaloan saat dikonfirmasi sejumlah awak media, Jum'at,(28/01/2022).

Ada beberapa penyebab kerusakan Jalan, yakni kondisi jalan pada ruas tersebut yakni Rusak Sedang (RS) dan Rusak Berat (RB), selama lebih dari 5 tahun tidak terdapat program rekonstruksi di ruas tersebut," ujar Iwan.

Sehingga dijelaskannya, penangananan
sementara hanya dilakukan dengan pemeliharaan rutin dengan anggaran sangat terbatas. Tidak seperti diberitakan sebelumnya, bahwa pekerjaan tersebut lamban.

"Pada ruas ini tidak terdapat saluran samping, sehingga aliran air tergenang pada badan jalan dan bahu jalan mengakibatkan kerusakan aspal lebih cepat," jelasnya lagi.

Ditambahkannya, untuk pembuangan air hujan dari atap rumah langsung jatuh ke badan jalan, dimana posisi rumah lebih tinggi dari badan jalan, sehingga mengakibatkan genangan di badan jalan dalam waktu cukup lama yang bisa mengakibatkan kerusakan aspal.

Kendala temuan dilapangan, terdapat juga kebocoran pipa air PDAM di badan jalan sekitar 0+200 m sehingga rembesan air mempercepat kerusakan jalan. Ditambah lagi intensitas curah hujan pada akhir tahun 2021.

Pada tahun 2018 telah dilaksanakan pekerjaan aspal panas ACWC pada ruas tersebut sepanjang kurang lebih sepanjang 600 Meter melalui anggaran pemeliharaan rutin dengan alokasi anggaran sekitar Rp 200 juta.

Lanjutnya menambahkan, kemudian di tahun 2019 hingga 2021 alokasi untuk pemeliharaan ruas Jalan MA. Turungku hanya sekitar kisaran 15 - 30 juta rupiah per tahun, belum lagi adanya Refocussing anggaran dimasa pandemi Covid -19. 

"Kami bersyukur adanya Informasi
yang cukup menggembirakan yakni awal Tahun 2022 ini telah diprogramkan pekerjaan rekonstruksi jalan ruas MA. Turungku sepanjang 1,4 Km dengan nilai  kurang lebih Rp 3 Miliar," bebernya.

Dirinya berharap semoga dengan adanya alokasi anggaran tahun ini, kondisi ruas tersebut menjadi lebih baik kualitasnya alias mantap dan bermanfaat bagi masyarakat, khususnya warga MA Turungku.Tim Redaksi.