Notification

×

Iklan

Iklan-ADS

Iklan

Iklan-ADS

Pimpin Rapat Pengembangan KPN, Ini Penekanan Gubernur Sulteng

Rabu, 01 Juni 2022 | Juni 01, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-06-02T05:57:22Z



infoselebes.com, Palu - Bertempat di ruang Pogombo, Kamis (2/6/2022) Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura, memimpin rapat Pengembangan Kawasan Pangan Nasional (KPN) Di Sulawesi Tengah Sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN).

Gubernur menyampaikan bahwa Sulawesi Tengah telah ditetapkan menjadi kawasan strategis pengembangan pangan Nasional. Untuk itu agar dipersiapkan sebaik mungkin oleh setiap OPD sesuai dengan tugas dan fungsinya. Agar Presiden dapat hadir untuk melakukan peresmian dan diharapkan agar Sulteng dapat menjadi daerah pertama untuk peresmian kawasan.

Beberapa item percepatan ditekankan oleh Gubernur Sulteng, diantaranya pembukaan jalan oleh Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang dan Percepatan Peta Pola Ruang. Land Clearing dilakukan oleh PT. Pembangunan Sulteng setelah memenuhi Persyaratan : ijin pemanfaatan Kayu (IPK) pada APL seluas 1.123 Ha. PT. Pembangunan Sulteng berkoordinasi dengan Kementrian dan OPD teknis 
Pembangunan Embung oleh Dinas Cipta Karya dan SDA Provinsi Sulteng. Pembangunan Dermaga dan Pelabuhan oleh Dinas Perhubungan.

Sementara Itu, Kepala Bappeda Provinsi Sandra Tobondo menyampaikan bahwa Pengembangan Kawasan Strategis Pangan Nasional sudah ditetapkan dalam RPJMD Provinsi berdasarkan Visi dan Misi Gubernur Sulawesi Tengah .

Pengembangan Kawasan Pangan Nasional oleh Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, meminta luasan areal untuk Pengembangan Kawasan Strategis Pangan Nasional diharapkan seluas 20.000 Ha, untuk itu ada beberapa kawasan Pengembangan Kawasan antara lain : 
Kabupaten Donggala , Meliputi , Dampelas, Sirenja, Pinembani seluas 18.823 Ha, Kabupaten Sigi, Wilayah Karavana, Bangga, Sibalaya ,Sidera, Jonooge, seluas 2.108 Ha, Kabupaten , Poso, Sigi dan Parigi Moutong terletak diwilayah Manggalapi seluas 1.976 Ha.

Melihat Laporan Kepala Bappeda Provinsi , Gubernur Selanjutnya menyampaikan untuk melihat secara langsung wilayah Manggalapi agar dijadwalkan Kunjungan Kerja bersama Danrem 132 Tadulako, Kapolda, Bupati dan OPD Teknis untuk mengunjungi wilayah tersebut yang akan masuk Kawasan Strategis Pangan Nasional dengan harapan dapat menjadi langkah pemerintah untuk menghentikan sparatis yang ada disana dan memberikan kesejahtraan kepada masyarakat di wilayah tersebut .
Selanjutnya Gubernur meminta agar dilakukan Rapat Koordinasi bersama Bupati dan Walikota seprovinsi sulawesi tengah untuk merespon Provinsi Sulawesi Tengah sebagai Daerah Penyangga Ibu Kota Negara Baru di Kalimantan.

Gubernur meminta Kepada Bupati agar memastikan seluruh tanah di wilayahnya termanfaatkan dengan baik dan terus dorong masyarakat memanfaatkan Kredit UMKM untuk masyarakat mengelola Tanah yang belum diusahakan . 

Rapat Pengembangan Kawasan Pangan Nasional (KPN) disulawesi Tengah dipimpin Gubernur didampingi Pj. Sekda Provinsi, Ir. Faisal Mang, MM, Kepala Bappeda Provinsi, Sandra Tobondo, Tim Ahli Gubernur Ridha Saleh dan diikuti OPD Teknis dan Tim Asistensi Provinsi Sulawesi Tengah.
gub revisi-BRI HUT-SULTENG PENDIDIKAN-PROVINSI tmj
Gubernur adikarya-tbk KETUA-DPRD-MOROWALI kabid-perkebunan Ucapan-Idulfitri-2 BINA-MARGA REVISI-KONI dinas-pemukiman-sigi bppeda Revisi-BRI-Palu AMPANA-MOTOR revisi-pt-adhi DESAIN-TMJ kel-besar11 Kabid-SMK SMAN1-BUNTA SMAN-1-BAHODOPI SMKN-BAHODOPI
Siap-Cetak
close
Banner iklan disini