-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

iklan-popup

Iklan

Iklan-ADS

Tag Terpopuler

Sempat Terhambat Pandemi, Perekaman Keliling Disdukcapil Donggala Kembali di Gelar

Rabu, 19 Oktober 2022 | Oktober 19, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-10-19T09:25:51Z
\
Donggala, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Donggala melalui Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Mohamad Ali, S. Sos mengatakan, perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) kepada penduduk lansia dan penyandang disabilitas ini dilakukan setiap tahun.

“Kami di Disdukcapil tiap tahun melakukan perekaman keliling, cuma adanya Pandemik Covid-19 lalu jadi kegiatan tersebut di kensel, jadi Disdukcapil melaksanakannya hanya berdistribusi saja untuk KTP kepada masyarakat dengan adanya pandemik tersebut, sebelumnya itu kami disini lakukan perekaman keliling hampir setiap tahun,” kata Mohamad Ali diruang kerjanya, Senin (17/10/2022).

Iapun mengatakan, perekaman keliling ini dilakukan bukan hanya di wilayah dalam kota saja, bahkan di desa-desa tempat terpencil pun dilaksanakannya, seperti minggu lalu perekaman keliling tersebut dilakukan di Kecamatan Pinembani.

“Sebenarnya untuk informasi terkait hal tersebut itu rananya Dinas Sosial, kalau untuk tehnisnya perekaman kami (Disdukcapil) yang melakukan, jika ada data diberikan ke kami dari dinas tersebut maka kami langsung eksekusi (laksanakan),” jelasnya.

Mohamad Ali pun menuturkan, sebenarnya kami disini (Disdukcapil) keterbatasan anggaran dan tidak memiliki kendaraan operasional pelayanan keliling untuk menjangkau masyarakat penyandang disabilitas dan lansia di daerah-daerah terpencil seperti yang ada di pegunungan, dan sebagainya.

“Kami juga ingin berupaya untuk masyarakat terpencil yang belum memiliki KTP agar supaya bisa memiliki KTP, bahkan insyaallah kami disini sudah mempunyai rencana atau target masyarakat semacam ODJG kami ingin lakukan perekaman, akan tetapi semuanya itu butuh anggaran,” ucapnya.

Mohamad Ali menambahkan, perekaman dari rumah kerumah selain membantu mendekatkan pelayanan kepada masyarakat juga dilaksanakan guna membantu penduduk lansia dan penyandang disabilitas dalam mendapatkan KTP sebagai dokumen utama yang digunakan untuk mengakses pelayanan publik lainnya, tutupnya.

Terpisah, salah seorang masyarakat Donggala mengatakan kepada media ini sangat mengapresiasi kinerja Disdukcapil Kabupaten Donggala dengan adanya pelayanan keliling, dimana kinerja yang telah ia berikan kepada seorang penyandang disabilitas yang berada di Kelurahan Tanjung Batu Kecamatan Banawa sangat baik.

Selain melakukan perekaman tersebut iapun serahkan langsung KTP dan KK dengan mendatangi seorang penyandang disabilitas kerumahnya. (Anjas)   


DPRD Donggala

DPRD Donggala

KADIS-PU-PALU

DPRD Donggala

DPRD Donggala

DPRD Donggala

Gubernur-Sulteng


DPRD Donggala

DPRD Donggala