-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

iklan-popup

Iklan

Iklan-ADS

Tag Terpopuler

Faktek UNTAD Gelar Workshop Diseminasi Hasil Penelitian Berbasis Pengabdian Masyarakat

Rabu, 23 November 2022 | November 23, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-11-23T12:58:42Z



infoselebes.com , - Palu, Sulawesi Tengah. Fakultas Teknik Universitas Tadulako melalui Jurusan Teknik Elektro gelar Workshop Diseminasi Hasil Penelitian Berbasis Pengabdian Masyarakat dengan mengusung tema "Peran Teknik Elektro Dalam Pembangunan Berkelanjutan di Sulawesi Tengah". Kegiatan ini dirangkaikan dengan ekspo tugas akhir mahasiswa teknik elektro. Bertempat di Gedung Auditorium Fakultas Teknik. Rabu (23/11/2022).

Dalam sambutan Ketua Jurusan Teknik Elektro Dr. Ir. Yuli Asmi Rahman, S.T,. M.Eng mengatakan, bahwa workshop diseminasi ini merupakan kali ke-2 yang diselenggarakan oleh jurusan teknik elektro yang sebelumnya diadakan pada tahun 2020. Jurusan teknik elektro saat ini membawahi 2 (dua) program studi yaitu strata 1 (S1) teknik elektro yang berdiri pada tahun 2007 dan diploma 4 (D4) teknologi rekayasa listrik yang baru saja berdiri pada tahun 2022.

Akademisi perguruan tinggi menggunakan penelitian guna menjelaskan fenomena tertentu sesuai bidang keahliannya. Dengan penelitian yang efektif mampu menghasilkan suatu temuan yang bermanfaat dalam memperluas kekayaan ilmu serta dapat digunakan dalam meningkatkan kualitas kehidupan manusia.

Diseminasi penelitian dilakukan guna menghasilkan dampak dari hasil penelitian dalam rangka penyebarluasan ide atau gagasan yang harus diketahui oleh kelompok tertentu seperti akademisi, pengamat ataupun masyarakat yang membutuhkan.

Pada sambutan Gubernur Sulawesi Tengah sekaligus membuka kegiatan workshop diseminasi yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Dr. Hatijah Yahya,M.Si mengatakan, bahwa pelaksanaan diseminasi ini sangat erat kaitannya dengan visi Gubernur Sulawesi Tengah yakni gerak cepat untuk Sulawesi Tengah lebih sejahtera dan maju, yang mana patut diapresiasi karena banyak karya anak bangsa yang sangat dibutuhkan di daerah Sulawesi Tengah.

Dengan adanya program merdeka belajar kampus merdeka diharapkan agar nantinya lulusan Fakultas Teknik Universitas Tadulako dapat selaras dengan apa yang dibutuhkan.

"Oleh karenanya sumber daya manusia yang ada khususnya mahasiswa, raihlah potensi pada diri kalian dalam bidang elektro yang sangat dibutuhkan pada saat ini" ucap Hatijah Yahya.

Diakhir sambutannya Hatijah Yahya mengatakan, pada beberapa tahun terakhir banyak karya-karya inovasi yang perlu dipublikasi. Pemberian atau penyebaran informasi menjadi kendala yang sering dirasakan. Maka dalam hal ini kiranya dapat memanfaatkan teknologi yang ada dalam memperkenalkan produk atau karya-karya inovasi yang dimiliki.

"Saya berharap dapat tercipta inovasi-inovasi baru dalam memberi sumbangan pemikiran untuk kemajuan daerah Provinsi Sulawesi Tengah" tambah Hatijah Yahya.

Adapun inovasi tugas akhir mahasiswa teknik elektro yang dalam hal ini dijelaskan oleh Ketua Konsentrasi Dosen Keahlian Baso Mukhlis, S.T,. M.T dan Ir. Mery Subito, M.T diantaranya yaitu seperti mesin trifting 3 dimensi yang mana alat tersebut mampu mencetak desain seperti logo dan sebagainya, alat ukur kualitas biji kopi.

Turut hadir : Bappeda Prov. Sulteng, Perumda Kota Palu, BPPID Prov. Sulteng, Dinas Pendidikan dan kebudayaan Prov. Sulteng, PT Telkom, Dinas tanaman pangan dan Holtikultural Prov. Sulteng, Dinas Kominfo Prov.Sulteng, Perwakilan SMAN 6 Palu, akademisi serta mahasiswa teknik elektro untad.

DPRD Donggala

DPRD Donggala

KADIS-PU-PALU

DPRD Donggala

DPRD Donggala

DPRD Donggala

Gubernur-Sulteng


DPRD Donggala

DPRD Donggala