Notification

×

Iklan

Iklan-ADS

Iklan

Iklan-ADS
DPRD BANGAI KEPUlauan

Ampibabo Disiapkan Ibukota Kabupaten Jika Parigi Jadi Kota Madya

Senin, 06 Februari 2023 | Februari 06, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-02-06T11:08:21Z

infoselebes.com, Parimo- Kecamatan Ampibabo disiapkan sebagai Ibukota Kabupaten jika Parigi menjadi Kotamadya.

Kata Samsurizal sesuai aturan yang ada, apabila satu wilayah atau Ibukota Kabupaten mengusulkan dijadikan Kotamadya maka satu Kota Kecil tidak boleh ada dua Kabupaten yang sederajat. Dalam hal ini kata ia apabila Parigi jadi Kotamadya maka Kabupaten harus pindah, maka salah satunya Kecamatan Ampibabo di calonkan menjadi Kabupaten. 

"Kemarin saya undang teman teman Sidole agar memperjuangkan Sidole menjadi Kecamatan Sidole. Bukan memperkecil Kecamatan Ampibabo tetapi agar supaya tidak repot dan tidak merubah undang undang lagi, karena rencana saya Kabupaten Tomini Raya batas Kecamatan Tinombo Selatan.  Ampibabo cukup Eks Ampibabo, tidak mungkin kita ambil juga Toboli Kecamatan Parigi Utara, pasti Parigi tidak mau melepas,"Jelasnya.


Masih menurutnya, Pemekaran Kecamatan Sidole harus diperjuangkan, dan bukan memperkecil Kecamatan Ampibabo tetapi demi untuk yang lebih besar agar Ampibabo siap tanpa mempreteli wilayah lain misalnya mengambil wilayah Parigi Utara masuk dalam bagian Kabupaten Ampibabo. 

"Ini starategi yang saya kembangkan dari dulu. Olehnya kita fokuskan dulu Parigi untuk merebut Adipura. Jika sudah direbut Adipura maka mudah bagi kita Parigi dijadikan Kotamadya. Pasti yang akan dipertanyakan nanti jika Parigi menjadi Kotamadya, ada ngak wilayah yang dipersiapkan untuk menjadi Kabupaten?, maka itulah saya mempersiapkan Kecamatan Ampibabo menjadi Ibukota Kabupaten ,"Ujar Samsurizal saat melakukan sosialisasi Penjaringan bakat anak usia dini di SMPN 1 Ampibabo, Senin (6/2/2023). 

Jika Ampibabo menjadi Kabupaten, wilayahnya adalah Kecamatan Kasimbar, Kecamatan Toribulu, Kecamatan Ampibabo, Kecamatan Siniu ditambah Calon Kecamatan Sidole yang masih dalam tahapan perjuangan oleh tokoh pejuang Kecamatan Sidole. 

source : Diskominfo Parimo
Siap-Cetak
close
Banner iklan disini