Notification

×

Iklan

Iklan-ADS

Iklan

Iklan-ADS

Ujian Negara Amatir Radio Berbasis CAT non reguler Tahap I di Gelar di Parimo

Sabtu, 25 Februari 2023 | Februari 25, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-02-25T11:59:39Z


infoselebes.com, Parimo- Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) Aswini Dimpel SKM MKes secara resmi membuka kegiatan Ujian Negara Amatir Radio (UNAR) bebasis C.A.T non regular periode I tahun 2023.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Direktorat Jendral Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Palu bekerjasama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Parigi Moutong itu di gelar di Gedung Pertemuan SMP Negeri 2 Parigi, Sabtu (25/2/2023). 

Ketua ORARI diwakili Sekretaris ORARI Daerah Sulawesi Tengah Herman Callsign Yangki Bravo (CLB) mengatakan, UNAR dilaksanakan di Kabupaten Parigi Moutong atas permintaan rekan rekan ORARI di Daerah Songulara Mombangun. 

"Alhamdulillah disambut baik oleh Balai Monitoring dan dijadwalkan hari ini pelaksanaanya. Untuk itu kami sangat berterima kasih kepada Balmon Palu,"katanya.

Lanjut Herman, seyogyanya ujian dijadwalkan dilaksanakan di Kabupaten Banggai berdasarkan permintaan ORARI Banggai, namun kata dia menunggu di jadwalkan terlebih dahulu Parigi Moutong. 

"Sebenarnya ujian ini pertama yang meminta dijadwalkan adalah ORARI Lokal Luwuk Banggai, namun saya katakan menunggu dijadwalkan dulu di Kabupaten Parigi Moutong, dan alhamdulillah hanya bisa terlaksana di Parigi Moutong,"jelasnya. 

"Kami berharap kepada para calon Anggota baru maupun anggota lain yang naik tingkat kami harapkan betul betul menjadi anggota amatir yang Patuh dengan aturan yang ada,"tambahnya.

Kemudian dari pada itu Herman menambahkan, Anggota ORARI go Nasional dan bahkan telah mendunia, dan kemarin kata dia telah melakukan rapat melalui meeting zoom dengan seluruh Anggota ORARI diseluruh Indonesia membicarakan tentang penertiban Frekuensi.
 
"Terakhir saya ingin menyampaikan kepada seluruh peserta ujian bahwa ujian ini akan dilakukan pengulangan sebanyak 3 kali untuk peserta yang tidak lulus, lalu kemudian pada tanggal 7 Maret 2023 kita juga akan melaksanakan Ujian di Balai Monitoring Kota palu,"terangnya.

Ketua BALMON Palu Hermanto SKom MSos berharap agar ujian hari ini semua peserta bisa lulus 100 persen. 

Kata ia, dalam hal Ujian tersebut BALMON juga menaruh harapan besar untuk tetap melaksanakan pembinaan yang berkelanjutan. 

"Dalam pelaksanaan ujian ini tetap mengacu pada peraturan menteri KOMINFO nomor 17 tahun 2018", Imbuhnya.

Hermanto juga meminta kepada para peserta yang hadir dapat melaksanakan sesuai dengan zona integritas untuk menuju wilayah yang bersih dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme.

"Kami berharap pada pelaksanaan ini dapat dijalankan dengan menerapkan zona integritas dan meningkatkan skill radio. Terakhir kami meminta kepada pemerintah daerah kabupaten Parigi Moutong yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang ekonomi dan Kesejahteraan masyarakat untuk selalu mensuport terhadap kegiatan kami dalam rangka menata manajemen Frekuensi Radio khususnya yang ada di Kabupaten Parigi Moutong,"tandasnya.

Bupati Parigi Moutong diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesra Aswini Dimpel dalam sambutannya mengatakan, selaku Pemerintah Daerah Parigi Moutong mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta Ujian Negara Amatir Radio Berbasis C.A.T non reguler Tahap I di Kabupaten Parigi Moutong. 

Kata Aswini, ujian ini dilaksanakan agar para pengguna Frekuensi memiliki Izin sehingga dalam penggunaannya sesuai dengan aturan yang ada dan dapat lebih tertib serta bisa menjadi anggota ORARI Profesional. 

Sambung Aswini, untuk menjadi Amatir Radio Wajib mengikuti Ujian kecakapan Amatir Radio yang diselenggarakan oleh Pemerintah seperti yang dilaksanakan saat ini, dan ujian ini juga kata ia merupakan Ujian Negara bagi calon Amatir Radio dan atau Amatir Radio guna menetapkan tingkat kecakapannya.

Aswini katakan, masyarakat menyadari bahwa peran Radio Amatir bukan hanya hobi semata namun ada peran sosial yang penting antara lain peran peserta dalam dukungan Komunikasi Radio pada saat Tanggap Darurat Bencana Alam dan Lainnya.

"Peran ORARI ini akan lebih terasa manfaatnya di tengah tengah masyarakat, dan juga bisa menjadi saluran Informasi Pemerintah untuk menyampaikan Informasi kepada Masyarakat,"Imbuhnya.

Untuk itu melihat pentingnya kegiatan ini Awini berharap agar seluruh peserta UNAR dapat mengikuti Ujian dengan sebaik baiknya dengan harapan bisa lulus serta mendapat Izin Amatir Radio. 

Sebelum mulainya Ujian Negara Amatir Radio dilakukan juga Penanda Tanganan Pakta Integritas Oleh BALMON dan ORDA.

source : Diskominfo Parimo
gub revisi-BRI HUT-SULTENG PENDIDIKAN-PROVINSI tmj
Gubernur adikarya-tbk KETUA-DPRD-MOROWALI kabid-perkebunan Ucapan-Idulfitri-2 BINA-MARGA REVISI-KONI dinas-pemukiman-sigi bppeda Revisi-BRI-Palu AMPANA-MOTOR revisi-pt-adhi DESAIN-TMJ kel-besar11 Kabid-SMK SMAN1-BUNTA SMAN-1-BAHODOPI SMKN-BAHODOPI
Siap-Cetak
close
Banner iklan disini