Notification

×

Iklan

Iklan-ADS

Iklan

Iklan-ADS

Kadinkes Sulteng Harapkan POGI bisa Terbentuk di Semua Kabupaten

Minggu, 19 Maret 2023 | Maret 19, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-04-12T06:04:27Z


PALU,---Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) diharap tidak hanya terbentuk di tingkat provinsi saja akan tetapi meluas hingga ke semua Kabupaten di Sulteng. Harapan itu diungkapkan Kepala  Dinas Kesehatan (Kadiskes) Sulteng dr. Komang Adi Sujendra, Sp.PD yang mewakili Gubernur Rusdy Mastura, saat memberikan sambutan pada Pelantikan Pengurus POGI Sulteng periode 2022-2025, di Hotel Swissbell, Minggu (19/3).

Hal itu bertujuan, lanjut Komang Adi Sujendra, agar terjadi pemerataan dokter-dokter spesialis Obstetri dan Ginekologi, atau lebih dikenal masyarakat dengan dokter kandungan.  Khususnya, supaya tercipta sinergitas dengan pemerintah kabupaten dalam rangka menurunkan prevalensi kematian ibu dan bayi serta stunting.

Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) diharap tidak hanya terbentuk di tingkat provinsi saja akan tetapi meluas hingga ke semua kabupaten di Sulteng.

Harapan ini kata Kepala Dinas Kesehatan dr. Komang Adi Sujendra, Sp.PD yang mewakili Gubernur Rusdy Mastura, bertujuan agar terjadi pemerataan dokter-dokter spesialis Obstetri dan Ginekologi, atau lebih dikenal masyarakat dengan dokter kandungan.  
Terkhusus supaya tercipta sinergitas dengan pemerintah kabupaten dalam rangka menurunkan prevalensi kematian ibu dan bayi serta stunting.

Pada kesempatan itu, Komang Adi juga menyampaikan selamat kepada pengurus baru POGI Sulteng

“Saya ucapkan selamat mengabdi untuk seluruh pengurus POGI cabang Sulawesi Tengah,” ucapnya.

Sebagai ketua baru POGI Sulteng, dr. Amirudin Rauf meminta rekan-rekan sejawat spesialisnya bekerjasama memberi pelayanan terbaik termasuk dalam pencegahan kematian ibu dan bayi serta stunting.

“Kita juga diberi tanggungjawab untuk menurunkan kematian ibu dan bayi serta stunting menuju generasi emas Indonesia 2045,” tegasnya.

Sementara Ketua Umum POGI Prof. Dr. dr. Yudi Mulyana Hidayat, Sp. OG, M.Kes meminta POGI Sulteng dapat menginisiasi pembentukan pusat studi spesialis Obstetri dan Ginekologi pada fakultas kedokteran Universitas Tadulako.

“Supaya lulusan (kedokteran) tidak usah jauh-jauh (keluar daerah) melanjutkan studi spesialis,” usulnya agar lebih banyak putra-putri daerah menjadi dokter spesialis Obstetri dan Ginekologi sehingga pemerataan layanan akan terwujud.

Di bagian lain, Ketua IDI Sulteng dr. Moh. Akbar, M.Kes mengusulkan agar POGI bersinergi dengan dokter-dokter umum untuk deteksi awal seputar obstetri dan ginekologi, mengingat keterbatasan jangkauan dokter-dokter spesialis di wilayah pelosok Sulteng.

“Tolong dibimbing dan dilatih untuk menggunakan alat-alat seperti USG,” harapnya.

Selain pelantikan, ikut diselenggarakan Simposium 1000 Hari Awal Kehidupan yang diikuti lebih kurang 100 peserta dari unsur tenaga kesehatan.(red)
gub revisi-BRI HUT-SULTENG PENDIDIKAN-PROVINSI tmj
Gubernur adikarya-tbk KETUA-DPRD-MOROWALI kabid-perkebunan Ucapan-Idulfitri-2 BINA-MARGA REVISI-KONI dinas-pemukiman-sigi bppeda Revisi-BRI-Palu AMPANA-MOTOR revisi-pt-adhi DESAIN-TMJ kel-besar11 Kabid-SMK SMAN1-BUNTA SMAN-1-BAHODOPI SMKN-BAHODOPI
Siap-Cetak
close
Banner iklan disini