Notification

×

Iklan

Iklan-ADS

Iklan

Iklan-ADS
DPRD BANGAI KEPUlauan

Peringati Hari Air Sedunia 2023, Berikut Persiapan Cikasda Provinsi Sulteng

Senin, 13 Maret 2023 | Maret 13, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-03-14T02:52:46Z


infoselebes.com - Palu, Sulawesi Tengah - Dinas Cipta Karya dan Sumber Daya Air (Cikasda) Provinsi Sulawesi Tengah melakukan persiapan guna memperingati Hari Air Sedunia secara Virtual. Hari Air Sedunia diperingati pada 22 Maret disetiap tahunnya. Senin, (13/3/2023).

Dalam penuturan, Plt. Kepala Dinas Cipta Karya dan Sumber Daya Air Prov. Sulteng, Andi Ruly Djanggola mengatakan, peringatan Hari Air Sedunia Tahun 2023 secara Internasional mengusung tema "Mempercepat Perubahan Dalam Mengatasi Krisis Air dan Sanitasi".

"Tema ini mengandung makna, karena manfaat air sangat besar bagi kita semua maka semua pihak harus mengambil peran dengan membuat perubahan yaitu merubah cara kita menggunakan, mengkonsumsi dan mengelola air dalam kehidupan kita" ujar Andi.

Menurutnya, tujuan yang ingin dicapai dengan adanya peringatan ini yakni ;  mengkampanyekan dan membangun kepedulian seluruh pihak dan stakeholders terhadap Sumber Daya Air. 

Selanjutnya, ia juga menjelaskan bahwa Khusus Provinsi Sulawesi Tengah, perbandingan antara ketersediaan sumber daya air dan pemanfaatan untuk kebutuhan manusia, pertanian dan industri masih seimbang. Akan tetapi, potensi krisis air bisa saja terjadi akibat konflik kepentingan terhadap pemanfaatan sumber daya air, mengingat Sulawesi Tengah merupakan daerah dengan pertumbuhan Industri yang tinggi sehingga kebutuhan terhadap air juga akan terus meningkat.

Ada beberapa kegiatan yang nantinya dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia ini, khusus untuk internal Cikasda antara lain ; lomba futsal, tenis meja, dan gaplek yang bertujuan untuk membangun soliditas antar seluruh pegawai dilingkungan Dinas Cikasda Provinsi Sulteng. 

Kemudian, ada juga kegiatan yang melibatkan siswa-siswi seperti ; Lomba Bercerita (Story Telling) dan lomba mewarnai tingkat Sekolah Dasar se-Kota Palu yang akan dilaksanakan pada 16 sampai dengan 17 Maret 2023. Keterlibatan siswa-siswi pada kegiatan ini bertujuan sebagai bentuk kampanye publik kepedulian Sumber Daya Air kepada anak-anak di usia dini.

Puncak Perayaan Hari Air Sedunia Tahun 2023, tepatnya pada 18 Maret 2023 akan  dilaksanakan di Kantor Cikasda Prov. Sulteng dengan agenda acara seperti ; jalan santai (fun walk), zumba dan pasar UMKM yang melibatkan seluruh Instansi ke PU-an yang berkantor di wilayah Kota Palu. Hal ini juga bertujuan membangun solidaritas insan PU baik Instansi vertikal maupun daerah agar bisa bersama-sama mengembangkan program terintegrasi dalam mengatasi berbagai masalah ke Pu-an di Sulawesi Tengah.

Lebih lanjut, Andi Ruly juga menjelaskan bahwa penyelenggaraan Hari Air Sedunia Tahun 2023 ini disupport oleh banyak pihak, baik instansi Pemerintah lainnya seperti Dinas Tanaman pangan dan Hortikultura Prov. Sulteng maupun pihak swasta yang juga ikut mensponsori kegiatan ini.

Untuk itu, ia mengharapkan seluruh pihak mengambil peran dalam melakukan perubahan, terutama merubah cara penggunaan dan pengelolaan sumber daya air.


Sumber : Humas Pemprov. Sulteng

DPRD Donggala

DPRD Donggala

close
Banner iklan disini