Notification

×

Iklan

Iklan-ADS

Iklan

Iklan-ADS

Tag Terpopuler

Whats-App-Image-2023-10-14-at-15-02-39-57158036

Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Pembangunan Buka Rakornis Pariwisata se-Sulteng.

Sabtu, 18 Maret 2023 | Maret 18, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-03-19T06:29:20Z
 

infoselebes.com, Tojo Una-Una - Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Pariwisata se-Sulawesi Tengah resmi dibuka Gubernur Sulawesi Tengah yang diwakili Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Farid Rifai Yotolembah, di Aula Kantor Bupati Tojo Una-Una. (Jum'at, 17/3/2023).

Hadir pada pembukaan tersebut perwakilan dari Kemenparekraf, Bupati Tojo Unauna yang diwakili Staf Ahli Bupati, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (DKIPS) Provinsi Sulawesi Tengah dan para Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten/Kota Se-Sulawesi Tengah.

Dalam sambutannya, Gubernur Sulawesi Tengah berharap agar Rakornis ini dapat menghasilkan keputusan yang bersifat strategis guna pengembangan pariwisata Sulawesi Tengah berkelas dunia.

Sektor pariwisata merupakan salah satu sumber pendapatan bagi negara dan daerah. Jika didorong secara serius dan maksimal maka dapat menjadi kekuatan fiskal bagi daerah untuk menunjang pembangunan di Sulawesi Tengah.

"Kami sedang mendorong beberapa objek wisata di Sulawesi Tengah menjadi Daerah Tujuan Wisata Nasional, terutama wisata megalith yang berada di Kabupaten Poso. Sebab tagline Sulawesi Tengah Provinsi Seribu Megalith telah menjadi icon wisata yang juga sudah dipasarkan lewat Web Indonesia Travel milik Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) ", ujar Diah Agustiningsih, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tengah.

Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tengah saat ini telah mengusulkan Togean menjadi salah satu Kawasan Super Prioritas Nasional (KSPN) ke Bappenas RI dan Kemenparekraf. Selain Togean, diusulkan pula Geopark Danau Poso dan Geopark Palu City. Sedangkan untuk situs warisan Geologi Danau Poso sedang on proses di kementerian ESDM. 

Sebagaimana diketahui Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura terus berupaya  mendorong secara maksimal potensi geografis, geologi, arkeologi, budaya, tradisi dan ekonomi kreatif sebagai kekuatan yang memiliki daya tarik, menjadi sektor pariwisata unggulan untuk dikunjungi wisatawan baik lokal, nasional maupun mancanegara, serta memberi manfaat bagi daerah dan masyarakat.

Seiring dengan arah kebijakan Gubernur Sulawesi Tengah, dalam Rakornis kali ini mengangkat tema Akselerasi Pengembangan Pariwisata Melalui Kawasan, Festival dan Ekonomi Kreatif Unggulan, dimana akan dihadiri oleh narasumber nasional, DR. Edwin Darma Setiawan SE, MBA selaku Wakil Direktur Utama PT MNC Land Tbk, yg akan membuka wawasan dalam pencapaian menuju Sulawesi Tengah sebagai "World Class Integrated Tourism Destination Development".

Sementara, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Sulawesi Tengah mengatakan akan memberikan dukungan dalam rangka promosi destinasi unggulan pariwisata di Sulawesi Tengah.

"Kami akan berupaya untuk memfasilitasi promosi pariwisata melalui kerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informasi dalam hal ini Government Public Relation Television (GPRTV)", ujar Kepala DKIPS, Sudaryano R. Lamangkona, disela-sela pembukaan Rakornis. tim
Siap-Cetak
close
Banner iklan disini