Notification

×

Iklan

Iklan-ADS

Iklan

Iklan-ADS
DPRD BANGAI KEPUlauan

Dampak Pemindahan DAS, Lahan Warga Desa Molino Terancam Tergerus Air

Rabu, 17 Mei 2023 | Mei 17, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-05-18T04:39:37Z


Infoselebes.com, Morut,- Ekspansi perusahaan perkebunan sawit PT Agro Nusa Abadi (ANA), yang sejak kurun waktu 15 tahun beroperasi terus menyisakan konflik agraria di empat Desa di Kecamatan Petasia Timur Morowali Utara.

Tidak hanya persoalan konflik agraria, kali ini perusahaan milik Astra Grub itu, diduga telah melakukan pemindahan Daerah Aliran Sungai (DAS) yang bertempat di Desa Molino.

Informasi yang didapatkan, sebelumnya aliran sungai itu secara normal mengalir kedalam perkebunan sawit perusahaan, namun dibelokkan ke luar lahan para warga.

Akibat dari pemindahan aliran sungai tersebut, lokasi beberapa warga terancam tergerus air. Apalagi menjelangnya musim hujan.

Ke-khawatiran ini cukup beralasan, karena sejak aliran sungai dipindahkan, sempat lahan warga digenangi air.

" Hampir tiap tahunnya air ini meluap dan masuk ke-lahan warga. Kalau seandainya aliran sungai tersebut tidak pindahkan, pasti tidak akan seperti itu," kata salah seorang warga. (17/5/2023).

Aktivis Agraria dan Lingkungan Sulawesi Tengah, Noval A Saputra menanggapi hal itu, bahwa jika benar DAS tersebut dialihkan dan berimbas pada lahan-lahan warga.

" Ini membuktikan perusahaan sangat tidak patuh dan tidak profesional dalam mengelola dan menjaga lingkungan," kata Noval, Aktivis yang intens mendamping Serikat Petani Petasia Timur yang berkonflik dengan PT ANA.

Sementara itu, sejak berita diterbitkan, media ini masih berupaya untuk melakukan konfirmasi terhadap PT ANA terkait hal itu.

Samsir
GUBERNUR DISDIK DISKANLUD BRI PALU PUSIGI PT.PP ADHI KARYA BRI PALU BRI PALU
Image 1
Image 2
Image 1
Image 2
close
Banner iklan disini