Notification

×

Iklan

Iklan-ADS

Iklan

Iklan-ADS
DPRD BANGAI KEPUlauan

Parigi Moutong Accuracy Indonesia Open Cat-2 Resmi Digelar

Kamis, 04 Mei 2023 | Mei 04, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-05-04T11:53:37Z

infoselebes.com, Palu- Kejuaraan Paralayang berskala Internasional Parigi Moutong Accuracy Open Cat-2 resmi di gelar hari ini bertempat di Bukit Lolaro Tinombo Kecamatan Tinombo Kabupaten Parigi Moutong Provinsi Sulawesi Tengah, Kamis (4/5/2023). 

Event Paralayang yang berlangsung 4-7 Mei 2023 itu dihadiri para peserta dari seluruh berbagai Daerah di Indonesia dengan memperlombakan 7 kategori dan memperebutkan bonus 200 juta rupiah. 

Ketua Panitia pelaksana Mawardin SSi MSi dalam laporanya mengatakan, tujuan dari kegitan Event Paralayang adalah untuk memperkenalkan unsur Pariwisata dan meningkatkan prestasi olahraga Atlet Paralayang di seluruh Indonesia. Selanjutnya kata ia untuk memperkenalkan lokasi bukit Lolaro sebagai lokasi andalan dan kedepanya sebagai bagian dalam mendukung Sport Tourism di Provinsi Sulawesi Tengah. 

"Kegiatan ini juga menjadi media promosi dan mendukung pengembangan Parigi Moutong menjadi sebuah Destinasi wisata unggulan laut dan udara, dan juga tercapainya pengembagan prestasi Atlet Paralayang sampai ketingkat Nasional bahkan Internasional serta menjadi ajang silaturrahmi saling tukar keahlian dan pengalaman Atlet Paralayang di seluruh Indonesia,"Katanya.

Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Parigi Moutong, Wakil Bupati (Wabup) Parigi Parigi Moutong H Badrun Nggai SE mengucapkan selamat datang kepada tamu undangan dan seluruh peserta Paralayang di Bukit Lolaro Kecamatan Tinombo Kabupaten Parigi Moutong. 

Wabup juga menyampaikan ucapkan terima kasih kepada Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Pusat yang telah menunjuk Parigi Moutong sebagai tempat pelaksanaan kejuaraan Paralayamg. 

"Ini satu kebanggan kami, pasalnya kegiatan ini bertaraf Internasional," Ucapnya.

"Saya juga menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya Event Paralayang di Bukit Lolaro dan juga mengucapkan terima kasih kepada peserta dari seluruh daerah yang telah mengambil bagian pada kejuaraan Paralayang. Kami Pemerintah Daerah Parigi Moutong selalu siap menanti saudara saudara pada Event Event selanjutnya ,"Tambahnya.

Wabup berharap, kepada stakeholders agar mengembangkan olahraga Paralayang di daerah tidak hanya sebatas sarana dan prasarana saja tetapi melakukan pelatihan kepada pemuda agar dapat menyalurkan bakat olahraga Paralayang sehingga dapat ambil bagian kedepanya dan dilakukan terus menerus secara berkelanjutan. 

"Saya juga menyampaikan kepada pengurus FASI Parigi Moutong untuk selalu giat berinovasi sehingga Paralayang dapat diminati masyarakat dan memberikan kontribusi kepada sektor Pariwisata," Imbaunya. 

"Pesan saya kepada peserta Paralayang untuk dapat megikuti prosedur yang telah diatur oleh panitia pelaksana agar hal hal yang tidak diinginkan dapat di minimalisir,"Tandasnya.

Ketua FASI Pusat diwakili Wakil Ketua Pusat Potensi Kedirgantaraan Kolonel Sus Cristian Suseno dalam sambutanya mengucapkan terima kasih kepada Bupati Parigi Moutong H Samsurizal Tombolotutu yang telah mengizinkan dan mendukung kegiatan Paralayang. 

"Saya mengucapkan terima kasih kepada bapak Bupati Parigi Moutong dan jajaranya atas perkenanya mengizinkan dan mendukung kegiatan Paralayang ini. Semoga bapak Bupati dan seluruh jajaranya dalam keadaan sehat walafiat dan diberikan kemudahan dalam pengabdianya untuk kesejahteraan masyarakat Parigi Moutong," Terangnya. 

Kolonel Sus Cristian menjelaskan, FASI TNI AU dalam hal ini Pospudirga merupakan Pusat TNI AU dalam setiap tahun berusaha hadir ditempat wisata melalui berbagai kegiatan salah sstunya adalah kejuaraan Paralayang. 

Menurutnya, kejuaraan Paralayang sekaligus memperkenalkan potensi potensi daerah, dan untuk Parigi Moutong kata ia adalah kali ketiga para Atlet Paralayang dari berbagai daerah hadir di Bukit Lolaro. 

"Sekali lagi saya mengucalkan terima kasih yang setinggi tingginya kepada bapak Bupati atas undangan dan prakarsa dukungannya dalam penyelenggaran kegiatan Paralayang tingkat Internasional ini,"Imbuhnya. 

Lanjut ia, tujuan dan sasaran kegiatan adalah membangkitkan sektor Pariwisata Kabupaten Parigi Moutong melalui Sport Tourism untuk mendukung ekonomi kreatif, meningkatkan kunjungan wisata manca negara di Parigi Moutong sebagai tujuan utama minat khusus olahraga Dirgantara di Indonesia. 

Selanjutnya kata ia memperkenalkan wisata Indonesia melalui publikasi kegiatan berskala Internasional dan dokumentasi peserta yang mengikuti kegiatan kejuaraan Paralayang dan memberi pemasukan secara positif perekonomian masyarakat di tempat kegiatan. 

"Kita berharap Event ini terus menunjukan objek wisata sehingga makin diketahui oleh publik baik secara Nasional maupun manca Negara melalui Media sosial seperti yang dimilki oleh masing masing para peserta atau masyarakat yang hadir dalam kegiatan itu bisa disebarluaskan. Parigi Moutong sudah terkenal dan harus lebih terkenal lagi sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat,"Pesannya.

"Melalui kesempatan ini juga Saya berpesan khususnya kepada panitia, wasit dan juri agar kegiatan lomba ini dilaksanakan sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan, dan kepada para Atlet agar mengikuti kegiatan ini dengan menjunjung tinggi sportivitas dan mengutamakan safety atau keselamatan," Ujarnya. 

Gubernur Sulawesi Tengah diwakili Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sulawesi Tengah Dra Novalina MM dalam sambutanya berharap, kegiatan Paralayang dapat bermanfaat memajukan olahraga Paralayang sekaligus bermanfaat dalam mengangkat Pariwisata dan mendorong ekonomi kreatif Sulawesi Tengah serta semua pihak dapat berkalaborasi dan bersinergi memajukan olahraga Paralayang sehingga semakin di kenal masyarakat . 

"Saya berpesan kepada semua pihak yang berlomba agar dapat berkompetisi yang sehat dengan mentaati segala aturan main yang ditetapkan oleh panitia . Mudah mudahan perlombaan ini dapat menciptakan Atlet Atlet yang tangguh dan penuh prestasi di masa masa mendatang,"Harapnya.

Sekdaprov usai menyampaikan sambutanya dilanjutkan dengan pemukukan gong tanda dimulainya kegiatan kejuaraan Paralayang berskala Internasional. 

Dalam pemukulan gong tersebut, Sekdaprov Novalina didampingi Bupati Parigi Moutong, Wakil Bupati Parigi Moutong, Ketua TP PKK Kabupaten Parigi Moutong Dra Hj Noor Wachida Prihartini S Tombolotutu, Sekjen FASI Pusat dan sejumlah Pejabat lainnya. 

DISKOMINFO PARIGI MOUTONG

DPRD Donggala

DPRD Donggala

close
Banner iklan disini