-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

iklan-popup

Iklan

Iklan-ADS

Tag Terpopuler

Resmikan Wisata Tanjung Beach, Ini Pesan Bupati Kasman Kepada Warga

Jumat, 28 Januari 2022 | Januari 28, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-01-28T08:17:52Z

Info Donggala - Bupati Donggala, Dr.,Drs. Kasman Lassa, SH.,MH, meresmikan Wisata Nggali Tanjung Beach yang ditandai dengan pengguntingan pita,  dirangkaikan dengan pengukuhan organisasi/lembaga, Kamis (27/01/2022). 

Dalam kesempatan tersebut Kasman Lassa meminta warga setempat, agar memelihara, menjaga dan merawat lingkungan wisata.

Kegiatan yang diselenggarakan di Desa Balukang, Kecamatan Sojol tersebut, Turut dihadiri Staf Ahli Bidang Kemasyarakat dan SDM, Ketua Komisi II DPRD Donggala, Pimpinan OPD, Danramil 18 Sojol, dan Kapolsek.

Tak ketinggalan Kabag Hukum, Kabag Prokopim, Camat Sojol, Dampelas, Sindue dan Kabid Destinasi Wisata, Kabid Pemasaran Pariwisata serta Kepala Desa.

Bupati Donggala, Kasman Lassa mengatakan hari ini dilakukan beberapa kegiatan yaitu peresmian Wisata Nggali Tanjung Beach Desa Balukang, Festival Pesona Wisata dan produk unggulan desa (tiga kecamatan) Dampelas, 

Diantaranya, Sojol dan Sojol Utara serta pengukuhan 5 (lima) organisasi yang ada di Kecamatan Sojol diantaranya Pengurus TP-PKK, Majelis Ta'Lim dan Pengurus Kelompok Pecinta Alam Belibis.

"Saya minta kepada organisasi yang telah dikukuhkan, agar bekerja dengan tulus dan ikhlas dalam membantu Pemdes, Kecamatan dan Kabupaten dan saya juga mengucapkan terima kasih kepada Camat Sojol, Kades Balukang dan perangkatnya serta kepada H. Suardi yang telah menghibahkan lahan untuk pembangunan tempat wisata," ujar Kasman

Sehingga diharapkan kepada masyarakat, agar menjaga dan merawat tempat wisata dengan baik, karena tidak menutup kemungkinan orang dari mana saja akan datang dan melihat potensi wisata yang ada di Desa.

Ditambahkannya, sebelumnya ada laporan bahwa telah ada barang terlarang masuk ke Wilayah Donggala lewat pelabuhan tikus khususnya yang ada di Sojol, karena Sojol memiliki laut lepas dan pelabuhan tikus yang merupakan pintu masuk bagi orang luar.

"Itulah sebabnya organisasi dibentuk Guna menghalau, memperkecil dan membendung orang-orang yang masuk ke Wilayah Donggala dengan tujuan menjual barang terlarang, yang dapat merusak generasi muda," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Balukang, Moh. Nawir, dalam laporannya sejak dipercayakan menjadi Pj. Kepala Desa dan sampai dipercayakan menjadi Kepala Desa telah melalukan beberapa pembangunan yaitu Lapangan Voli, Lapangan Futsal, kolam renang dan BUMDES yang menjadi prioritaskan.

Dimana BUMDES tersebut, suatu kesyukuran setiap tahunnya sangat begitu baik, hal itu terlihat BUMDES saat ini sudah dapat memberikan sumbangsih pendapatan hasil desa dan transport pada Kepala Desa lewat perjalanan dinas.

"Olehnya kepada BUMDES kami ucapkan terimakasih, yang telah berhasil memajukan desa,
Saya ucapkan juga kepada H. Suardi yang telah menghibahkan tanahnya mulai dari pembangunan Lapangan Voli sampai tempat wisata ini," bebernya.

Ditambahkannya pada peresmian tempat wisata dan festival  pesona wisata tersebut, ada beberapa cabang olah raga yang dipertandingkan yaitu Bulutangkis, Voli Pantai, Futsal, Sepak Takraw.

Untuk diketahui pada peresmian Wisata Nggali Tanjung Beach juga dilakukan lomba mancing yang dilaksanakan oleh Dinas Perikanan, dimana Bupati Donggala, Kasman Lassa menyerahkan langsung alat mancing kepada warga yang mengikuti lomba. Setda Kab Dggla/Abu Bakar.