Serahkan SK Kepada Pejabat Kades, Ini Pesan Bupati Kasman



Info Donggala - Bupati Donggala Dr., Drs, Kasman Lassa, SH., MH, menyerahkan Surat Keputusan (SK) Bupati Donggala tentang pengangkatan Pejabat Kepala Desa Tingkat Kabupaten Donggala Tahun 2022.

Penyerahan SK ini, dilaksanakan di Rujab Bupati Donggala,Senin (10/01/2021) kepada sebanyak 79 (tujuh puluh sembilan) Pelaksana Tugas (plt) Kepala Desa.

Bupati Donggala Dr., Drs. Kasman Lassa, SH., MH, dalam sambutannya menjelaskan penunjukkan dan penyerahan SK Pejabat Kepala Desa yang dilaksanakan.

Hal itu mengacu pada regulasi yang berlaku yaitu Permendagri Nomor 66 Tahun 2017 tentang perubahan atas Permendagri 82 Tahun 2015 tentang pengangkatan dan pemberhentian Kepala Desa (Kades-red).

Dimana dalam terjadi kekosongan jabatan Kepala Desa, maka Bupati dapat menunjuk unsur Pegawai Negri Sipil (PNS) yang ada di Wilayah kerjanya untuk menjadi pejabat Kades.

Hal itu juga menurut Bupati Kasman, sebagai maksud agar penyelenggaraan pemerintahan desa, dapat tetap berjalan sebagai mana mestinya. 

"Karena Pejabat Kades memiliki tupoksi dan kewenangan yang sama dengan pejabat definitif dalam melaksanakan tugas, sehingga dengan demikian maka penjabat Kades dituntut untuk mampu kembangkan, partisipasi dan peran aktif masyarakat dalam proses pemerintahan serta pembangunan," ujarnya.

Olehnya Bupati Kasman berharap, seluruh penjabat kades yang telah ditunjuk, agar dapat mengawal pelaksanaan Pilkades yang akan dilaksanakan di desa masing-masing dan mewujudkan suasana yang harmonis.


Sehingga pelaksanaan Pilkades dapat berhasil dan sukses, sesuai dengan agenda yang direncanakan oleh Pemerintah Daerah dan segala bentuk program yang akan dilaksanakan dapat tercapai.

Diakhir sambutannya Bupati menyampaikan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada kepala desa atas jasa, dedikasi dan waktu selama 6 tahun dalam menjalankan tugas, semoga Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa dapat memberikan pahala atas kebaikan yang telah diperbuat.

"Kepada Penjabat Kepala Desa yang telah ditunjuk selamat menjalankan tugas, dengan dukungan masyarakat dapat menjadikan desanya lebih maju dan sejahtera, sehingga menjadi pondasi bagi keberhasilan pembangunan Kabupaten Donggala yang kita cintai," tutup Bupati

Tampak hadir pada kegiatan penyerahan SK tersebut, Sekdakab Donggala, Dr. Rustam Efendi, S. Pd., SH., M. Ap, Kadis PMD Abraham, SE, Kepala BKPSDM Drs. Najamuddin Laganing, M.Pd, dan Kepala Bagian Sekretariat Daerah Kabupaten Donggala serta Camat.Prokopim Dggl/Abu Bakar.

0 Komentar