Notification

×

Iklan

Iklan-ADS

Iklan

Iklan-ADS

Peringati Hari Nasional UMKM Ke-7, ini Harapan Wagub Sulteng

Jumat, 19 Agustus 2022 | Agustus 19, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-08-19T15:20:46Z

infoselebes.com , Palu - Dalam rangka memperingati Hari nasional UMKM yang ke-7 serta HUT RI yang ke-77, Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulawesi Tengah gelar Gebyar UMKM 2022 Bertempat di Halaman Gedung Plut KUMKM. Jumat (19/8/2022).

dalam kegiatan tersebut juga di rangkaikan dengan lounching PLUT (Pusat Layanan Usaha Terpadu) KUMKM Provinsi Sulteng dengan mengusung tema "Penguatan SDM Dalam Mewujudkan UMKM Mandiri Dan Berdaya Saing Go Digital" serta penandatanganan komitmen bersama dalam mendukung program pemberdayaan dan pengembangan UMKM.



Untuk mendukung kegiatan UMKM, program prioritas pemerintah antara lain: peningkatan kapasitas SDM Koperasi UMKM, percepatan pertumbuhan wirausaha, akses perluasan pasar, akses pembiayaan, Re-desain Plut, digitalisasi UKM, alokasi 40 persen belanja barang jasa pemerintah untuk produk koperasi UMKM, penyediaan 30 persen tempat promosi usaha UKM pada infrastuktur pabrik. 

New Plut KUMKM muncul sebagai upaya perubahan paradigma dan orientasi pengelola new plut KUMKM yang lebih ramah terhadap para pelaku usaha dengan capaian kinerja antar lain : meningkatnya jumlah kukm dan wirausaha yang dilayani, ukm yang mendapat perizinan, aset pemasaran termasuk di dunia digital, aset pembiayaan termasuk KUR (Kredit Usaha Rakyat) dan meningkatkan omset. 

Untuk mewujudkan hal tersebut maka akan dilaksanakan kerjasama dengan beberapa unsur pemerintah daerah, akademisi, BUMN, Kemenkumham, Kementerian Agama, Badan Amil Zakat Nasional Sulteng, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Kesehatan Kota. 

Dalam sambutannya Gubernur Sulawesi Tengah sekaligus membuka secara langsung kegiatan gebyar UMKM yang diwakili oleh Wakil Gubernur Drs. H. Ma'mun Amir mengatakan, sebagai pemerintah Sulawesi Tengah memberikan apresiasi dan dukungan atas langkah Dinas Koperasi dan UKM untuk memberdayakan dan memajukan UMKM di Sulawesi Tengah. Upaya ini sangat sejalan dengan visi gerak cepat menuju Sulawesi Tengah yang lebih sejahtera dan lebih maju. 

Melalui gebyar UMKM dan lounching New Plut menjadi jawaban bagi pelaku usaha yang membutuhkan promosi, pendampingan dan konsultasi usaha, dapat memfasilitasi kegiatan misi dagang Sulawesi Tengah business to business serta private to private serta mencetak usahawan top nasional. 

Selanjutnya, Ma'mun berharap agar instansi terkait tetap melakukan pendampingan, memberikan dorongan/bantuan agar pelaku UMKM bisa lebih berkembang dan lebih baik.

"Saya berharap new plut dapat disosialisasikan dengan baik agar pelaku usaha mengetahui kehadiran new plut serta dapat mengakses berbagai layanan yang ada untuk memajukan usahanya". Ucap Ma'mun. 

Diakhir sambutannya, Wakil Gubernur menghimbau agar para pelaku UMKM dapat memanfaatkan kebijakan Gubernur terkait kerjasama dengan pihak perbankan yang mana memberikan pinjaman modal dengan bungan lebih rendah. 

Editor : Sofyan
Sumber : Humas DKIPS Provinsi Sulteng

Siap-Cetak
close
Banner iklan disini