Notification

×

Iklan

Iklan-ADS

Iklan

Iklan-ADS

Gubernur Rusdy Mastura ; Jaga dan Lestarikan Laut Pesisir Sulawesi Tenga

Kamis, 02 Februari 2023 | Februari 02, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-03-18T02:49:20Z


infoselebes.com, Bangkep- Gubernur Sulawesi Tengah diwakili Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Tengah Moh. Arif Latjuba secara resmi membuka acara Lokakarya Pengelolaan Perikanan Skala Kecil di Banggai Kepulauan dan Tata Kelola Kawasan Konservasi Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (KKP3K) Banggai Dalaka, Kamis, 2 Februari 2023.

Dalam sambutannya, Gubernur Rusdy Mastura menyampaikan apresiasi kepada Burung Indonesia bersama pemangku kepentingan terkait atas inisiasi pelaksanaan lokakarya ini sebagai upaya perlindungan terhadap sumber daya alam dan spesies laut melalui pengelolaan ekosistem yang berkelanjutan.

Menurutnya, Sulawesi Tengah saat ini, adalah provinsi yang paling luas di Pulau Sulawesi dengan luas daratan 65.526,72 kilometer persegi dan luas wilayah perairannya sebesar 77.295,90 kilometer persegi.

Sementara panjang garis pantai sebesar 6.653,31 kilometer dan memiliki 1.604 pulau. Ditambah lagi berdasarkan estimasi, 38 persen wilayah Pulau Sulawesi berada di Provinsi Sulawesi Tengah.

“Namun, besarnya potensi tersebut, tidak saja menjadi peluang tetapi sekaligus tantangan bagi pemerintah maupun stakeholder terkait,” katanya.

Dikatakan, salah satu tantangan itu, adalah semakin maraknya penangkapan ikan secara ilegal atau illegal fishing. Salah satunya dengan cara pengeboman ikan, sehingga bisa merusak laut seperti terumbu karang dan ekosistem dalam laut.

“Jika praktik illegal itu terus dibiarkan, tentu saja akan mengganggu keberadaan, ketersediaan, kesinambungan, dan keanekaragaman sumber daya ikan yang pada akhirnya berdampak pada kesejahteraan masyarakat pesisir,” ujarnya.

Oleh karena itu, Gubernur Sulteng menyatakan, perlunya upaya yang serius untuk melakukan pengelolaan dan pelestarian sumber daya kelautan dan perikanan yang lebih efektif dan efisien.

“Saya berharap, ke depannya pemerintah bisa berkolaborasi dengan semua pihak dalam rangka keberlanjutan program nyata di lapangan. Tidak hanya berhenti sampai di lokakarya saja,” harapnya. (red)
gub revisi-BRI HUT-SULTENG PENDIDIKAN-PROVINSI tmj
Gubernur adikarya-tbk KETUA-DPRD-MOROWALI kabid-perkebunan Ucapan-Idulfitri-2 BINA-MARGA REVISI-KONI dinas-pemukiman-sigi bppeda Revisi-BRI-Palu AMPANA-MOTOR revisi-pt-adhi DESAIN-TMJ kel-besar11 Kabid-SMK SMAN1-BUNTA SMAN-1-BAHODOPI SMKN-BAHODOPI
Siap-Cetak
close
Banner iklan disini