Notification

×

Iklan

Iklan-ADS

Iklan

Iklan-ADS

Balitbangda Parimo Menggelar Kegiatan Lintas Perangkat Daerah Penyusunan RKPD

Rabu, 08 Maret 2023 | Maret 08, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-03-08T09:53:57Z


infoselebes.com, Parimo-Badan Penyelenggaraan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kabupaten Parigi Moutong menggelar kegiatan lintas perangkat daerah penyusunan dokumen rencana kerja (RKPD) Kabupaten Parigi Moutong tahun 2024, Bertempat di Aula kantor Bapelitbangda Kabupaten Parigi Moutong, Rabu (8/3/2023).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Parimo Zulfinasran SSTP MAP dalam arahannya memberikan Apresiasi dan berterima kasih kepada Balitbangda Kabupaten Parigi Moutong yang telah menyelenggarakan kegiatan ini guna untuk menyelaraskan usulan kegiatan Pembangunan dengan arah kebijakan pembangunan Nasional, Provinsi dan Kabupaten Tahun 2024 serta mensinkronkan usulan kegiatan Pembangunan dari hasil Musrenbang Kecamatan dan pokok-pokok pikiran DPRD dengan rancangan rencana kerja perangkat Daerah.

Pelaksanaan forum ini merupakan amanat UU nomor 25 tahun 2004 tentang sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Peraturan Menteri dalam Negri Republik Indonesia nomor 86 tahun 2017 dimana salah satu tahapan dalam penyusunan RKPD Kabupaten adalah menyelenggarakan Forum Lintas Perangkat Daerah untuk penyusunan rencana kerja Pemerintah Daerah dan rencana kerja Perangkat Daerah, Kata Sekda.

Forum Lintas Perangkat Daerah ini merupakan rangkaian proses perencanaan partisipatif yang di mulai dari tingkat Desa, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi serta tingkat Nasional merupakan penajaman dari hasil Musrenbang Kecamatan yang telah dilaksanakan pada tanggal 13 - 17 Februari 2023 yang lalu.

"Selain itu kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai sarana komunikasi Interaktif dan dialog membangun antara seluruh pemangku kepentingan pembangunan Kabupaten Parigi Moutong meliputi Eksekutif dan Legislatif guna membahas usulan kegiatan dari hasil Musrenbang Kecamatan, pokok-pokok pikiran DPRD, rancangan rencana kerja perangkat daerah serta mengkonfirmasi dan membahas usulan Kecamatan dan pokok-pokok pikiran DPRD yang dapat atau tidak dapat diakomodir dalam rencana kerja daerah", Imbuhnya.

Sekda juga mengatakan Pembangunan dibidang Infrastruktur dasar tetap menjadi perhatian hingga selesai Tahun perencanaan guna terciptanya pemerataan pembangunan untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan adanya sinergi antara kebijakan Pemerintah Kabupaten, Provinsi, dan Nasional serta kerja sama yang saling menguntungkan dengan pihak Swasta.

Pembangunan di bidang Ekonomi Khususnya peningkatan Produksi dan Produktivitas pertanian pariwisata dan pembangunan di bidang Sosial Budaya masih menjadi Prioritas yaitu peningkatan Kualitas pendidikan dan kesehatan serta peningkatan Sumber Daya Manusia Aparatur, Tambahnya.

Melalui Forum ini perlu di sampaikan terkait beberapa poin penting untuk jadi perhatian bersama untuk menyusun rencana kerja tahun 2024 yaitu,
1. Tema RKPD Kabupaten Parigi Moutong tahun 2024 yaitu Percepatan pertumbuhan ekonomi melalui inovasi Produk unggulan berbasis kawasan yang didukung sumber daya lokal, untuk itu diharapkan agar pembahasan usulan mulai dari tingkat Desa, Kecamatan, Pokok-pokok pikiran DPRD hingga rumusan rancangan awal kerja perangkat daerah harus dilaksanakan dengan tema tersebut.
2. Penyelarasan rencana program kegiatan Organisasi Perangkat Daerah dengan hasil Musrenbang Desa dan Kecamatan, Pokok-pokok pikiran DPRD tetap melihat skala prioritas dan perkiraan kemampuan anggaran Daerah serta hasil Evaluasi dari pelaksanaan RKPD tahun sebelumnya.
3. Dalam pengusulan Program kerja Organisasi Perangkat Daerah agar tetap melihat kondisi dan dinamika yang berkembang yang dituangkan kedalam suatu kegiatan dengan konsep Inovasi-inovasi pelayanan yang lebih baik karena bagaimanapun juga inovasi daerah adalah keharusan dalam konsep daerah yang lebih maju.

Sebelum mengakhiri sambutannya Sekda berharap melalui sumbangsih saran dan masukan dari segenap pemangku kepentingan yang dilandasi itikad dan semangat yang baik diharapkan penyusunan dokumen rencana kerja pemerintah daerah akan semakin Komperensif dan berkualitas.

"Semoga Allah SWT meridhoi segala upaya yang kita lakukan dalam  melaksanakan tugas dan pengabdian kita sebagai abdi Negara dan Masyarakat khususnya dalam membangun Kabupaten Parigi Moutong yang kita Cintai, Tutup Sekda sekaligus membuka dengan resmi kegiatan Forum Lintas Perangkat Daerah Kabupaten Parigi Moutong," ucapnya.

Source : Diskominfo Parimo
Siap-Cetak
close
Banner iklan disini