Notification

×

Iklan

Iklan-ADS

Iklan

Iklan-ADS

DKIPS Sulteng Gelar Bimtek IT Security Assement 2023

Selasa, 16 Mei 2023 | Mei 16, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-05-16T10:30:31Z

infoselebe.com, Palu
- Sulawesi Tengah - Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian Dan Statistik Provinsi Sulawesi Tengah menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penilaian Keamanan Teknologi informasi ( Informatiom Technology Security Assessment). Bertempat, di Kantor BPSDM Sulteng. Senin, (15/5/2023) 

Bimtek ini bertujuan untuk mengidentifikasi keamanan informasi, melindungi sumberdaya informasi dari gangguan keamanan informasi, mempelajari tanggungjawab personil untuk menjaga keamanan informasi serta merespon insiden keamanan informasi apabila mengalami masalah keamanan informasi.

Bimtek dilaksanakan selama 2 (dua) hari dimulai 15 Mei 2023 sampai dengan 16 Mei 2023. Selain itu, Bimtek ini juga menghadirkan narasumber dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Republik Indonesia Merdekadyarta, selaku Spesialis Keamanan Cyber dan Ni Putu Ayu Lhaksmi Wulansari selaku Analisi Tata Kelola Keamanan Siber dan Sandi Pemerintah. Dan  peserta yang mengikuti Bimtek ini sebanyak 30 (Tiga puluh) orang.

Dalam sambutanya, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Sulteng Sudaryano Lamangkona  mengatakan, perkembangan teknologi komunikasi yang pesat dapat berdampak pada kebocoran dan penyalahgunaan informasi sehingga perlu adanya upaya peningkatan kemampuan dan kualitas SDM, serta penambahan perangkat pengembangan keamanan informasi melalui berbagai jenis pembinaan agar mampu menyelelaraskan perkembangan teknologi saat ini.

Pemerintah sudah menargetkan yang mana wajib memiliki sistem teknologi informasi termasuk SPBE. Selain itu, banyak kelemahan-kelemahan yang harus dijaga, pembangunan sistema informasi dan aplikasi saat ini tentunya sudah menjadi hal yang lumrah oleh pemerintah daerah baik untuk meningkatkan layanan publiknya maupun untuk mengoptimalkan kinerja internal dari pemerintahan.

"Faktor keamanan adalah hal yang sangat penting sehingga diperlukan upaya-upaya pengamanan saat membangun ataupun sebelum sebuah aplikasi mulai digunakan secara masal dengan melakukan penilaian ITSA" Jelas Sudaryano.

Diakhir sambutannya, Sudaryano berharap para peserta dapat mengikuti Bimbingan Teknis  ini dengan baik agar bisa memahami apa sesungguhanua tugas, fungsi dan peranan pengamanan informasi.

Turut hadir : Narasumber dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) RI, Para Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas, Pejabat Fungsional dan Tenaga PHL DKIPS.

source : HPS

gub revisi-BRI HUT-SULTENG PENDIDIKAN-PROVINSI tmj
Gubernur adikarya-tbk KETUA-DPRD-MOROWALI kabid-perkebunan Ucapan-Idulfitri-2 BINA-MARGA REVISI-KONI dinas-pemukiman-sigi bppeda Revisi-BRI-Palu AMPANA-MOTOR revisi-pt-adhi DESAIN-TMJ kel-besar11 Kabid-SMK SMAN1-BUNTA SMAN-1-BAHODOPI SMKN-BAHODOPI
Siap-Cetak
close
Banner iklan disini