Notification

×

Iklan

Iklan-ADS

Iklan

Iklan-ADS

Jelang Diresmikan, Pelabuhan Wani Kembali Ditinjau, Gubernur : Semoga Jadi Tulang Punggung Ekonomi Sulawesi Tengah

Senin, 25 Maret 2024 | Maret 25, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-03-26T00:20:02Z

Infoselebes.com, Donggala
-Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura didampingi Danrem 132/Tadulako Brigjen TNI Dody Triwinarto, Plh. Kadis ESDM Eddy N. Lesnusa dan Event Organizer (EO) Winda meninjau Pelabuhan Wani di Kecamatan Tanantovea, Kabupaten Donggala, pada Senin sore (25/3/2024).

Kunjungan tersebut kata Gubernur Rusdy Mastura, untuk memastikan persiapan yang dilakukan oleh pihak E.O jelang kunjungan Presiden Jokowi, salah satu agendanya meresmikan Pelabuhan Wani dan Pelabuhan Pantoloan (27/3), sedangkan Pelabuhan Gonenggati sementara dalam proses pembersihan oleh pihak KSOP Teluk Palu.

“Pelabuhan Wani memiliki panjang dermaga 150 meter dan progress pengerjaanya sudah tuntas 100 persen ”bebernya.

Menurutnya, Kabupaten Donggala harus dipersiapkan menjadi beranda atau etalase depan Sulawesi Tengah sebagai daerah penyangga/penopang IKN, karena secara geografis Kabupaten Donggala memiliki letak yang sangat strategis dengan IKN Nusantara di Kalimantan.

“Saya sudah minta Kapal Roro sama Pak Menteri Perhubungan, jadi kalau naik kapal ini ke Kalimantan bisa 7 sampai 8 jam,”katanya agar masyarakat memiliki akses transportasi dari Donggala ke IKN.

Selain itu, beliau juga mengakui Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah bersama Pemerintah Kabupaten Donggala akan bekerjasama dengan ITB (Institut Teknologi Bandung) untuk merancang Kabupaten Donggala sebagai Kota Sunset. 

Langkah ini bertujuan untuk lebih mendorong pengembangan wilayah agar ke depan masyarakat IKN bisa berkunjung ke Kabupaten Donggala yang menawarkan keindahan pantai dengan view sunset yang mempesona.

“Belum sekarang, tapi harus dipersiapkan lima tahun dari sekarang,”bebernya.

Ia pun mengucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden Jokowi beserta jajaran yang telah memberikan dukungan kepada Sulawesi Tengah, dengan harapan ketiga pelabuhan tersebut bertrasnformasi menjadi tulang punggung pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat serta konektivitas wilayah.

“Sulawesi Tengah akan tegak lurus mendukung dan mensukseskan pembangunan IKN,”pungkasnya.


Sumber : PPID Pelaksana Biro Administrasi Pimpinan dan dipublis oleh PPID Utama selaku Humas Pemprov. Sulteng/Dinas Kominfo Santik.
gub revisi-BRI HUT-SULTENG PENDIDIKAN-PROVINSI tmj
Gubernur adikarya-tbk KETUA-DPRD-MOROWALI kabid-perkebunan Ucapan-Idulfitri-2 BINA-MARGA REVISI-KONI dinas-pemukiman-sigi bppeda Revisi-BRI-Palu AMPANA-MOTOR revisi-pt-adhi DESAIN-TMJ kel-besar11 Kabid-SMK SMAN1-BUNTA SMAN-1-BAHODOPI SMKN-BAHODOPI
Siap-Cetak
close
Banner iklan disini