Notification

×

Iklan

Iklan-ADS

Iklan

Iklan-ADS
DPRD BANGAI KEPUlauan

HUT Parigi Moutong Ke- 21, Ini Beberapa Penghargaan Yang Telah di Capai

Senin, 10 April 2023 | April 10, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-04-10T08:39:42Z

infoselebes.com, Parimo
- Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) ke- 21 berlangsung hikmat. 

HUT yang jatuh bertepatan dengan Bulan suci Ramadhan 1444 H itu dilaksanakan bertempat di Halaman Kantor Bupati Parigi Moutong, Senin (10/4/2023). 

Wakil Bupati (Wabup) Parigi Moutong H Badrun Nggai SE bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam sambutannya mengatakan, hal yang patut disyukuri adalah pembangunan dari waktu ke waktu terus mengalami kemajuan berbagai kepentingan selama kurun waktu terbentuknya Kabupaten Parigi Moutong hingga saat ini cukup menggambarkan betapa besar potensi di daerah ini. 



Kata Wabup ada beberapa capain penghargaan yang telah dicapai diantaranya adalah Kabupaten Parigi Moutong mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yaiitu di tahun 2018, 2019, 2020 dan 2021.

"Insya Allah ditahun 2023 ini untuk tahun 2022 kita masih bisa meraih WTP untuk kelima kalinya. Saya berharap opini WTP tetap kita pertahankan untuk laporan keuangan yang baik di tahun tahun berikutnya," Ucap Wabup. 

Lanjut Wabup, pada sektor Kesehatan telah meletakan Peraturan Presiden nomor 12 tahun 2021 tentang Rencana Aksi Nasional Percepatan Penurunan angka Stunting di Indonesia pada tahun 2021-2024 bahwa seluruh Kepala Daerah termasuk Kabupaten Parigi Moutong melakukan intervensi agar bisa menurunkan angka Stunting. 

"Alhamdulillah berkat kerjasama seluruh stakehokder, Kabupaten Parigi Moutong setiap tahun mengalami penurunan angka Stunting, sehingga di tahun 2022 yang lalu, Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong menerima penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri karena dinilai berkinerja baik dalam menjalankan 8 Aksi konvergensi penanganan Stunting,"Jelasnya.

Di sektor Pendidikan kata Wabup, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan telah meningkatkan upaya kualitas  pendidikan daerah, meratakan pendidikan dan pengembangan kebudayaan meskipun masih banyak kendala yang setiap acapkali ditemukan dalam hal pemerataan pendidikan bagi masyarakat utamanya bagi mereka yang berada di daerah pelosok. 

Olehnya kata Wabup diperlukan perbaikan dan tata kelola agar dukungan yang optimal bagi pencapaian target bidang pendidikan yang tertuang dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah. 

Selanjutnya kata Wabup pada tanggal 31 Maret 2023 Pemerintah pusat menyalurkan bantuan pangan secara bertahap melalui penugasan Badan Pangan Nasional melalui perusahaan umum Bulog, bantuan berupa 7 Kg beras Bulog diberikan kepada masyarakat Kabupaten Parigi Moutong sejumlah 411, 4 Ton dengan jumlah jiwa 41.140 Kelompok Penerima Manfaat (KTM) di 23 Kecamatan 278 Desa dan 5 Kelurahan. 

"Bantuan Pangan ini diharapkan dapat meredam gejolak inflasi pangan dan mengurangi beban masyarakat berpendapatan rendah ditengah momentum puasa dan lebaran. Bantuan ini adalah tindaklanjut arahan bapak Presiden dalam upaya pengendalian inflasi. 

Pada kesempatan itu Wabup juga menghimbau kepada masyarakat yaitu dalam rangka meningkatkan pendapatan menuju kemandirian fiskal, maka diharapkan kepada masyarakat untuk taat membayar pajak daerah untuk semua Aparatur Sipil Negara baik PNS, P3K, maupun honorer dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Parigi Moutong, dan diharapkan dapat menjadi contoh dengan mengajak dan menyampaikan kepada seluruh masyarakat agar taat membayar pajak daerah. 

Sambung Wabup, pada peringatan hari jadi Kabupaten Parigi Moutong tahun 2023 mengangkat tema "Parigi Moutong Regency Of Durian In Indonesia". Tema ini kata wabup Eventnya akan digelar pada tanggal 19-20 Mei 2023 di Pantai Mosing Desa Siney Kecamatan Tinombo Selatan. 

"Kurang lebih sebulan lagi kita akan menyelenggarakan Festival Durian bertaraf Internasional berlokasi di Pantai Mosing,"Imbuhnya.

"Mungkin diantara kita belum memahami, mengapa saya mengupayakan penyelenggaran Festival Durian dan ingin menjadikan Kabupaten Parigi Moutong sebagai Kabupaten Durian, hal ini dikarenakan potensi di daerah kita di sektor Pertanian dan Perkebunan sangat besar. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik tahun 2022 potensi Durian Parigi Moutong sebesar 30.542 Ton dengan luas Panen 2083 hektar yang terbesar di hampir seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Parigi Moutong. Banyak jenis durian baik lokal maupun durian unggulan Nasional yang di budidayakan di daerah ini dan menembus bangsa pasar di seluruh Nusantara dan Manca Negara.,"Tambahnya.

Kata wabup, sudah selayaknya Kabupaten Parigi Moutong dijadikan sebagai Kabupaten Durian di Indonesia. 

Menurutnua, Festival Durian yang akan diselenggarakan sudah sejalan dengan kebijakan Kementerian Pertanian periode 2020-2024  yang mengacu pada kebijakan Nasional dalam rencana pembangunan jangka menengah Nasional  (RPJMN) 2020-2024.

Usai upacara Wakil Bupati Parigi Moutong didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Parigi Moutong, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Parigi Moutong dan Manager SPHP Bulog Provinsi Sulawesi Tengah untuk memberikan bantuan beras sejumlah 411,4 Ton dengan jumlah jiwa 41.140 kelompok penerima manfaat yang tersebar di 23 Kecamatan 278 Desa dan 5 Kelurahan. 

Selanjutnya dilakukan penanaman Durian oleh Bupati Parigi Moutong H Samsurizal Tombolotutu didampingi Wakil Bupati Parigi Moutong H Badrun Nggai SE, Sekretaris Daerah Kabupaten Parigi Moutong Zulfinasran SSTP MAP, Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Tengah, Ketua DPRD Kabupaten Parigi Moutong,  Kepala Kejaksaan Negeri Parigi, Kapolres Parigi Moutong, Kepala Pengadilan Negeri Parigi dan Ketua TP-PKK Kabupaten Parigi Moutong. 

Ditutup dengan kegiatan peresmian Tugu Taman Bahasuan di Kelurahan Masigi

Hadir juga sesepuh mantan Pejabat Parigi Moutong yaitu mantan Bupati Parigi Moutong Dra H. Longki Djanggola MSi, mantan Sekretaris Daerah Kabupaten Parigi Moutong Ardi Kadir SPd MM serta beberapa mantan Pejabat lainnya. 

Juga hadir tokoh Pemekaran Parigi Moutong, Arifin Lamalindu, Marzuk Hululo dan beberapa tokoh pemekaran lainnya. 

source : diskominfoparimo

DPRD Donggala

DPRD Donggala

close
Banner iklan disini